Peningkatan kepedulian sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ips 2 Ma nu kembang jepara

Jalaludin, Ahmad Soim (2020) Peningkatan kepedulian sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ips 2 Ma nu kembang jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of LAmpiran] Text (LAmpiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas XI IPS 2 MA NU Kembang Jepara. 2. Mendeskripsikan peningkatan kepedulian sosial siswa kelas XI IPS 2 MA NU Kembang Jepara setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Kepedulian sosial merupakan sikap memperlakukan orang lain dengan penuh kebaikan dan kedermawanan, peka terhadap perasaan orang lain, siap membantu orang yang membutuhkan pertolongan, tidak pernah berbuat kasar, dan tidak menyakiti hati orang lain. Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan dalam bidang bimbingan dan konseling yang diberikan kepada sekelompok konseli yang disebut sebagai anggota kelompok, dengan tujuan membahas topik atau permasalahan dengan cakupan yang lebih luas. Sosiodrama adalah merupakan suatu cara membantu memecahkan masalah individu melalui drama. Masalah yang didramakan adalah masalah-masalah sosial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI MA NU Kembang Jepara yang berjumlah 8 subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Kondisi kepedulian sosial pada siswa kelas XI IPS 2 MA NU Kembang Jepara periode pra siklus menunjukan skor rerata sebesar 40 kategori (Sangat Kurang). Siklus I pertemuan pertama menunjukan skor rerata 44 kategori (Sangat Kurang), pertemuan kedua menunjukan skor rerata 51 kategori (Kurang), pertemuan ketiga skor rerata 58 kategori (Kurang). Siklus II pertemuan pertama sebesar 61 kategori (Kurang), pertemuan kedua 93 kategori (Cukup), pertemuan ketiga pada skor rerata 102 kategori (Baik). Peneliti menyampaikan hasil dari pelaksanaan penelitian ini dalah dua buah kesimpulan yang terdiri dari: 1. Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas XI IPS 2 MA NU Kembang Jepara diketahui pada siklus I sebesar 52 kategori (Cukup), siklus II diketahui peneliti memperoleh skor 79 kategori (Baik). 2. Kepedulian sosial pada siswa kelas XI IPS 2 MA NU Kembang Jepara telah meningkat. Pra siklus menunjukan kepedulian sosial pada skor 40 kategori (Sangat Kurang), siklus I pada skor 58 kategori (Kurang), siklus II meningkat pada skor 102 kategori (Baik). Peneliti menyampaikan saran kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa diharapkan dapat semakin meningkatan kepedulian sosial yang telah diiliki dengan mengikuti kegiatan sosial di sekolah dan di laur sekolah. 2. Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengaplikasikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam membantu siswa dalam mengentaskan permasalahan yang dialami siswa, dalam kaitannya dalam perkembangan sosial siswa. 3. Kepala sekolah hendaknya memberikan dukungan dalam bentuk kebijakan penerapan bimbingan dan konseling di MA NU Kembang Jepara, agar guru bimbingan dan konseling dapat mengaplikasikan bentuk bantuan dan bimbingan kepada siswa. 4. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan jenis penelitian yang lebih mampu mengungkap perspektif kepedulian sosial pada siswa, sehingga mampu menyentuh aspek terdalam pada perilaku tinggi dan rendahnya kepedulian sosial subjek penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Kepedulian Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Apr 2021 21:37
Last Modified: 18 Apr 2021 21:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item