Meningkatkan konsep diri melalui layanan informasi dengan teknik brainstorming

Ainul Jannah, Salsabila (2020) Meningkatkan konsep diri melalui layanan informasi dengan teknik brainstorming. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (937kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan informasi dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan konsep diri positif peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020, 2. Mendeskripsikan konsep diri peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri siswa. Untuk meningkatkan konsep diri positif pada siswa maka peneliti berupaya untuk menggunakan layanan informasi dengan teknik brainstorming. Layanan informasi yaitu layanan yang memberikan segala data dan informasi yang diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman baru tentang berbagai hal yang dipandang bermanfaat bagi peserta didik, dalam menjalani kehidupan dan perkembangan dirinya, baik untuk keperluannya sehari-hari, sekarang maupun perencanaan kehidupannya kedepan. Dalam penelitian ini penggunaan teknik brainstorming yakni untuk membantu siswa berfikir kreatif, dapat mencurahkan ide dan mampu memecahkan masalah yang telah dihadapinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas XI IPS 2 , sebanyak 36 peserta didik yang mempunyai konsep diri rendah. Variabel penelitian: layanan informasi dengan teknik brainstorming (variable bebas) dan konsep diri (variable terikat). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan juga diperoleh dari hasil instrumen skala konsep diri. Hasil observasi skala instrumen penelitian konsep diri siswa kelas XI IPS 2 pada pra siklus yang memiliki konsep diri rendah mendapatkan rata-rata skor 15 (47%) dengan kategori kurang sesuai. Pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 18 (56%) degan kategori kurang sesuai. Terakhir pada siklus II siswa masuk kategori sesuai dengan rata-rata skor 26 (81%). Dari hasil observasi skala instrumen penilaian konsep diri dapat disimpulkan mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik brainstorming dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Demak dinyatakan diterima. Berdasarkan temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa SMA Negeri 2 Demak, diharapkan dapat menyadari bahwa konsep diri yang ada didalam dirinya sangatlah penting, sehingga siswa dapat meningkatkan konsep dirinya melalui layanan informasi dengan teknik brainstorming. 2. Guru BK SMA Negeri 2 Demak dapat menggunakan cara penelitian ini sebagai bahan acuan dan pedoman untuk meningkatkan konsep diri melalui layanan informasi dengan teknik brainstorming. 3. Kepala sekolah SMA Negeri 2 Demak diharapkan dapat merumuskan dalam memberikan jam pelajaran efektif masuk kelas untuk layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan layanan tertentu agar guru BK lebih mengenal siswa dan dapat melakukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dalam hal ini layanan informasi untuk meningkatkan konsep diri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen PEmbimbing 1: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons. Dosen EPmbimbing 2: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Konsep Diri, Layanan Informasi, Teknik Brainstorming
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Apr 2021 21:55
Last Modified: 18 Apr 2021 21:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item