Teachers’ strategy in teaching listening comprehension for english of maritime in nautical seafarer class of smk wisudha karya kudus

Ulfah, Dyah Emilia (2020) Teachers’ strategy in teaching listening comprehension for english of maritime in nautical seafarer class of smk wisudha karya kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICESS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Mendengarkan adalah salah satu dari empat kemampuan dalam bahasa inggris. Kemampuan mendengarkan yang bertujuan menerima informasi yang masuk ke indra pendengaran kita; adalah kemampuan yang paling penting dalam berkomunikasi yang mana seseorang menerima informasi dan dapat merespon infromasi yang didapat. Masih banyak orang yang memiliki kekurangan dalam kempuan mendengarkan, terutama orang – orang yang mempelajari bahasa asing. Masalah ini tidak luput bagi mereka yang mempelajari bahasa inggris disekolah kejuruan. Guru bahasa inggris harus mempunyai strategi untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa khususnya dijurusan pelayaran. Strategi adalah cara atau jalan untuk mempermudah mencapaitujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meindentifikasikan strategi guru dalammengajar mengajar kemampuan mendengarkan untuk bahasa inggris pelayaran di kelas 10 nautika Kalas Niaga SMKWisudha Karya Kudus and mendeskribsikan respon siswa terhadapnya. Rancangan dari penelitian ini, peneliti mengambil penelitian kualitatif deskriptif. Untuk instrument penelitian, penulis menggunakan tiga jenis instrument penelitian, adalah wawancara, obserfasi dan kuisioner. Subjek di penelitian ini adalah dua kelas 10 jurusan Nautika dan dua guru bahasa inggris pelayaran. Dta dikumpulkan setelah melakukan mewawancarai dua guru dan mengobservasi kelasnya, dan memberikan lembar kuisioner kepada siswa. Pertanyaan pada lembar kuisioner siswa menggunakan pilihan ganda. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gurumenggunakan tiga jenis strategi, yaitu (1) srategi metakognitive, (2) strategi kognitf, dan (3) strategy sosioafektif. Guru pertama mendapatkan tanggapan yang sangat bagus pada strategi metakognitive dan kognitif. Ini bisa terlihat pada tanggapan siswa bahwa persentase yang sangat baik adalah 100% dan presentase terendah adalah 85%. Guru kedua juga mendapatkan tanggapan yang bagus pada strategi metakognitif dan kognitif. Ini bisa dilihat dari jumlah persentase yang sangat baik adalah 100% dan presentase terendah adalah 30%. Oleh karena itu, penulis menyarankan bahwa guru bahasa inggris lebih baik menggunakan strategy metakognitife dan strategi kognitif. Jadi, siswa bisa dengan kagum atau rasa hormat kepada guru mereka dan bisa mengerti materi, dan juga meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd. Nuraeningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Startegi Guru, Tanggapan Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Apr 2021 23:25
Last Modified: 18 Apr 2021 23:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item