Manajemen pembelajaran dari rumah Dengan menggunakan media video pembelajaran dan quizizz Pada siswa kelas vi Sd n karangasem 1

SOFIYATI, SOFIYATI (2020) Manajemen pembelajaran dari rumah Dengan menggunakan media video pembelajaran dan quizizz Pada siswa kelas vi Sd n karangasem 1. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis bagaimana perencanaan pembelajaran dari rumah pada siswa kelas VI SD N Karangasem 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran dari rumah dengan media video pembelajaran pada siswa kelas VI SD N Karangasem 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, (3) menganalisi evaluasi pembelajaran dari rumah dengan Quizizz pada siswa kelas VI SD N Karangasem 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian adalah: (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan uji derajat kepercayaan (credibility) yang berupa triangulasi sumber, triangulasi metode dan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data (reduction data), (2) penyajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berupa: (1) pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) penetapan tujuan pembelajaran, (3) penyiapan bahan ajar, (4) penentuan strategi atau metode pembelajaran, dan 5) penyiapan fasilitas pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan: (1) aktivitas guru dalam pembelajaran, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, (3) interaksi guru dengan siswa. Dalam evaluasi pengajaran, banyak hal yang perlu untuk diperhatikan antara lain: (1) ketercapaian tujuan pembelajaran, (2) efektivitas media yang digunakan, (3) respon guru dan siswa, dan (4) permasalahan dan solusinya. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru yang akan melakukan pembelajaran dari rumah harus membuat Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) secara kreatif, efektif, mudah dilakukan, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan media video pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran dan Quizizz sebagai alat evaluasi. Orang tua harus berperan aktif terhadap pembelajaran anak dengan mendampingi saat belajar atau bisa melakukan video call saat berjauhan. Siswa dapat terus mengasah materi pelajaran dengan memutar ulang video pembelajaran dan mengerjakan ulang soal dari aplikasi Quizizz.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Su’ad, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Sri Surachmi W., M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dari Rumah, Media Video Pembelajaran dan Quizizz
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Apr 2021 19:04
Last Modified: 22 Apr 2021 19:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item