KUNDARSIH, SRI (2020) Pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas i sd di kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (531kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (164kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (197kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD, 2) Merumuskan pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD, dan 3) Menganalisis keefektivan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengambangan (R&D) menggunakan metode Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I Sekolah Dasar di SDN Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media pembelajaran kontekstual berbasis media kantong bilangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kombinasi, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan konversi data kuantitatif ke kualitatif. Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan, 2) Pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 untuk menarik minat siswa dalam belajar. Siswa lebih mudah memahami konsep karena materi pelajaran yang disajikan konsep matematika abstrak diubah ke dalam bentuk konkrit, 3) Media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan nilai n gain dalam kategori sedang dan dengan interpretasi yang cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Suad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | kontekstual, kantong bilangan, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 19:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 19:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13704 |
Actions (login required)
View Item |