Pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas i sd di kabupaten demak

KUNDARSIH, SRI (2020) Pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas i sd di kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD, 2) Merumuskan pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD, dan 3) Menganalisis keefektivan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengambangan (R&D) menggunakan metode Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I Sekolah Dasar di SDN Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media pembelajaran kontekstual berbasis media kantong bilangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kombinasi, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan konversi data kuantitatif ke kualitatif. Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan, 2) Pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 untuk menarik minat siswa dalam belajar. Siswa lebih mudah memahami konsep karena materi pelajaran yang disajikan konsep matematika abstrak diubah ke dalam bentuk konkrit, 3) Media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan nilai n gain dalam kategori sedang dan dengan interpretasi yang cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Suad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: kontekstual, kantong bilangan, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Apr 2021 19:12
Last Modified: 22 Apr 2021 19:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

View Item View Item