Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) discovery learning melalui media kubus satuan pelangi berbantuan boneka gagego materi volume kubus dan balok siswa kelas v sekolah dasar

SAYEKTI, BUDI (2020) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) discovery learning melalui media kubus satuan pelangi berbantuan boneka gagego materi volume kubus dan balok siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan LKPD, mendeskripsikan desain karakteristik, mengembangkan LKPD Discovery Learning melalui media kubus satuan pelangi berbantuan boneka gagego yang valid, efektif serta mengetahui hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 dan SD Negeri Sukoharjo 03. Produk yang dihasilkan berupa LKPD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tujuh langkah, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan diperlukan hasil uji efektivitas yang dilakukan pada 50 siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, lembar validasi ahli, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif serta analisis perolehan uji t untuk menemukan efektivitas LKPD yang dikembangkan. Hasil Analisis kebutuhan menurut persepsi siswa dan guru, meliputi : isi buku (89,1%), kebahasaan (91,25%), penyajian (88,9%), kegrafikan (95,2%). LKPD berkategori layak dan valid dengan rata-rata kevalidan buku pendamping masing-masing 3,22. Peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD setelah menggunakan LKPD Discovery Learning menunjukkan n-gain sebesar 0,94 afektif, skor 1,44 kognitif dan skor 1,51 psikomotorik. Hasil Uji t menunjukkan 0,021 < 0,05 dinyatakan diterima dan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD Discovery Learning layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru diminta mengikuti webinar online agar memahami pendekatan, model dan media pembelajaran Kurikulum 2013 dalam mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. A Hilal Madjdi, M.Pd.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Discovery Learning, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Apr 2021 19:18
Last Modified: 22 Apr 2021 19:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item View Item