Peran pendidikan karakter pada disiplin belajar dan Minat belajar ditinjau dari tempat tinggal Peserta didik (study kasus di kelas v sd negeri bintoro 9 Kabupaten demak tahun pelajaran 2019/2020)

RIDLUWAN, RIDLUWAN (2020) Peran pendidikan karakter pada disiplin belajar dan Minat belajar ditinjau dari tempat tinggal Peserta didik (study kasus di kelas v sd negeri bintoro 9 Kabupaten demak tahun pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB I1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis peran pendidikan karakter pada displin belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bintoro 9 Kabupaten Demak ditinjau dari tempat tinggal yang berbeda, 2) Mendeskripsikan strategi penerapan pendidikan karakter pada disiplin belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bintoro 9 Kabupaten Demak ditinjau dari tempat tinggal yang berbeda, 3) Menganalisis peran pendidikan karakter pada minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bintoro 9 Kabupaten Demak ditinjau dari tempat tinggal yang berbeda, 4) Mendeskripsikan strategi penerapan pendidikan karakter pada minat belajar pada peserta didik kelas V SD Negeri Bintoro 9 Kabupaten Demak ditinjau dari tempat tinggal yang berbeda. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V yang tinggal di panti asuhan, pondok pesantren, dan dirumah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan Triangulasi . Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, jawaban sementara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1) disiplin belajar pada peserta didik yang tinggal di pondok pesantren lebih tinggi dibanding dengan peserta didik yang tinggal di panti asuhan, sedangkan peserta didik yang tinggal bersama orang tua ada ynag mempunyai disiplin belajar rendah dan disiplin belajar tinggi. 2) Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik adalah dengan kegiatan pembiasaan, pemberian contoh dari guru dan membuat peraturan atau tata tertib dan menegakannya, 3) Minat belajar peserta didik yang tinggal di panti asuhan masih rendah lebih rendah dibanding peserta didik yang tinggal di pondok pesantren namun bagi peserta didik yang tinggal dirumah bersama orangtua mempunnyai minat belajar yang tinggi dan ada beberapa yang minat belajarnya rendah 4) Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu menerapkan pendidikan karakter, memberi contoh yang baik bagi peserta didik dari guru maupun kepala sekolah, inovasi pembelajaran, menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik dan wali murid, dan pemberian reward bagi peserta didik yang berprestasi dan sanksi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Disiplin belajar, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Apr 2021 19:38
Last Modified: 22 Apr 2021 19:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item