Pengembangan bahan ajar tematik Berbasis kearifan lokal pati tema daerah tempat tinggalku Pada siswa kelas iv sekolah dasar

ASMOROWATI, DEWINTA (2020) Pengembangan bahan ajar tematik Berbasis kearifan lokal pati tema daerah tempat tinggalku Pada siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (946kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Kebutuhan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pati Tema Daerah Tempat Tinggalku pada siswa kelas IV sekolah dasar, 2)Menghasilkan Prototipe Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pati Tema Daerah tempat tinggalku. Dan 3) Memaparkan Kelayakan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pati Tema Daerah Tempat Tinggalku di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan tujuh tahapan penelitian yaitu, potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan dan revisi produk. Hasil penelitian ini adalah, baik guru atau siswa membutuhkan suatu bahan ajar yang menonjolkan karakteristik lingkungan, antar kegiatan pembelajaran materinya saling terkait, dengan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Prototipe Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Pati yang telah dikembangkan terdiri atas tiga bagian, yaitu 1) pendahuluan buku, yang berisi identitas buku. 2) Bagian isi dalam prototipe ini terdiri atas identitas materi, uraian materi, kegiatan peserta didik, evaluasi, dan refleksi. Dan 3) Bagian penutup merupakan bagian akhir buku. Hasil validasi oleh para ahli dan respon yang diberikan oleh guru diperoleh hasil 23,3 dengan rata-rata 4,2 atau 78 % oleh ahli isi atau materi. Dan nilai 28,2 dengan rata-rata 4,0 atau sebesar 81% oleh ahli desain. Sedangkan respon dari guru memperoleh hasil dengan rata-rata 4,2 atau sebesar 84 %. Maka instrument penilaian dinyatakan layak untuk digunakan. Sebab memiliki tingkat kelayakan antara 76 % - 100 % masuk kategori sangat baik atau sangat layak untuk digunakan. Dengan hasil analisis produk pengembangan maka dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis kearifan lokal Pati memiliki nilai hasil validasi lebih dari 80% setelah dikonversikan skala 5, maka persentase tingkat pencapaian tersebut berada pada tingkat kualifikasi sangat valid sehingga tidak perlu direvisi lagi dan efetif untuk digunakan. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) Guru, pengamat pendidikan, dan peneliti hendaknya mengembangkan bahan ajar sesuai perkembangan dunia pendidikan, serta menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas peserta didik 2) Sekolah dan dewan guru hendaknya membuka diri terhadap kegiatan penelitian lain yang akan dilaksanakan untuk melakukan inovasi pembelajaran, demi lahirnya produk-produk bahan ajar yang layak sebagai pendamping pembelajaran selain menggunakan buku induk dari pemerintah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo , M.Pd., Pembimbing 2 Dr.Sri Surachmi, M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Tema “Daerah tempat Tinggalku”
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Apr 2021 19:48
Last Modified: 22 Apr 2021 19:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item