Penerapan model tgt (teams games tournamen) untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan Media peta pintar tema indahnya keragaman Di negeriku kelas iv sdn penggung 01

Bimashiatillah, Roudlotun Nofiati (2020) Penerapan model tgt (teams games tournamen) untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan Media peta pintar tema indahnya keragaman Di negeriku kelas iv sdn penggung 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa melalui model TGT (Teams Games Tournament) dan media Peta Pintar pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan PPKn dan Bahasa Indonesia materi keragaman suku bangsa di Indonesia dan cerita nonfiksi kelas IV SDN Penggung 01. Hasil belajar adalah capaian perubahan perilaku yang cenderung menetap dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dari proses belajar yang dilakukan dalam waktu tertentu. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif untuk membantu siswa mereview dan menguasai materi pembelajaran. Model pembelajaran TGT siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri tiga sampai lima siswa yang hoterogen, baik dalam prestasi akademik, jenis kelamin, ras maupun etnis. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model TGT berbantuan media Peta Pintar tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SDN Penggung 01. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Penggung 01 dengan subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan objek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model TGT. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pada tema indahnya keragaman di negeriku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada dua jenis yang dikumpulkan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah adanya pembelajaran menggunakan model TGT berbantuan media Peta Pintar sebagai berikut. 1) Keterampilan mengajar guru siklus I mendapat persentase keberhasilan 58,82% dengan kriteria kurang, meningkat pada siklus II sebesar 88,23% dengan kriteria baik, 2) Hasil belajar siswa aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan meningkat, siklus I aspek sikap mendapat rata-rata 10,93 persentase 56,25% dengan kategori perlu bimbingan meningkat pada siklus II mendapat rata-rata 13,28 persentase 87,5% dengan kategori baik, pada aspek keterampilan siklus I mendapat rata-rata 11,12 persentase 37,5% dengan kategori perlu bimbingan, meningkat pada siklus II mendapat rata-rata 13,62 persentase 96,87% dengan kategori sangat baik, sedangkan aspek pengetahuan muatan PPKn dari prasiklus mendapat ketuntasan klasikal 37,5%, siklus I mendapat ketuntasan klasikal 68,75%, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 93,75% dengan kriteria sangat baik. sedangkan muatan Bahasa Indonesia dari prasiklus mendapat ketuntasan klasikal 43,75%, siklus I mendapat ketuntasan klasikal 68,75%, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,5% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Penggung 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media Peta Pintar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan pada tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku kelas IV SDN Penggung 01. Oleh karena itu saran yang diberikan yaitu hendaknya model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar, Peta Pintar, Indahnya Keragaman di Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Apr 2021 21:21
Last Modified: 23 Apr 2021 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item