Penerapan model teams games turnament berbantuan scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 subtema 3 kelas iv sd 2 tenggeles kudus

Satria, Esa Panji (2020) Penerapan model teams games turnament berbantuan scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 subtema 3 kelas iv sd 2 tenggeles kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan memaparkan peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan model Teams Gamas Tournamen berbantuan media Scrapbook pada kelas IV SD 2 Tenggeles. Model pembelajaran Teams games Tournament merupakan model pembelajaran berkelompok yang menekankan pada kejasama antar anggota kelompok yang menekankan pada aktivitas seluruh anggota, sehingga seluruh anggota kelompok dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Scrapbook merupakan media gambar tempel atau ambar kreatif lainnya yang di buat secara menarik dan dikemas dalam bentuk buku yang didalamnya memuat materi dan gambar. Hasil belajar merupakan sesuatu yang didapatkan seseorang setelah melewati proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model teams games tournament berbantuan media scrapbook dapat meningkatkan keterampilan guru,dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan pada tema indahnya keberagaman dinegeriku kelas V SD 2 Tenggeles. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV SD 2 Tenggeles dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini telah berlangsung selama dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan hasil belajar siswa, lembar penilaian keterampilan siswa, lembar observasi keterampilan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan guru pada tema indahnya keragaman dinegeriku. Hasil tes evaluasi pada muatan IPA siklus I memperoleh nilai rata-rata 69 dengan kategori perlu bimbingan dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata 72 kategori cukup. Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I memperoleh nialai rata-rata 71 kategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83 kategori baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata presentase 70% kategori cukup dan pad siklus II memperoleh rata-rata presentase 86% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas sudah dilakukan dikelas IV SD 2 Tenggeles, dapat di simpulkan bahwa penerapan model TGT berbatuan Scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Irfai Fahturohman, S.Pd., M.Pd. Sekar Dwi Ardianti, M.Pd.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, media Scrapbook, Hasil Belajar, Tema Indahnya Keragaman di Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Apr 2021 21:30
Last Modified: 23 Apr 2021 21:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item