Ningrum, Dina Puspita (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media pembelajaran pintu Pengetahuan kelas iv Sdn 3 peganjaran. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (53MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Peganjaran Kudus dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran pintu pengetahuan. Model pembelajaran Talking Stick adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang berbantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat, dialah yang wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada siswa yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan dapat di lihat dari keterampilan intelektual dan keterampilan motorik siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan media pembelajaran pintu pengetahuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Peganjaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Peganjaran Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan diperoleh dari tindakan yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada keterampilan guru dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick berbantuan Media Pembelajaran Pintu Pengetahuan Siklus I dengan persentase klasikal 74,375%, meningkat pada Siklus II dengan persentase 82,875% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, terdapat peningkatan pada hasil belajar ranah pengetahuan siswa Siklus I pada muatan PPKn dengan persentase ketuntasan belajar 68,75% dan muatan Bahasa Indonesia dengan persentase ketuntasan belajar 75%, meningkat pada Siklus II pada muatan PPKn dengan persentase kentuntasan belajar 87,5% dengan kriteria sangat baik dan muatan Bahasa Indonesia dengan persentase ketuntasan belajar 81,25% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dikelas IV SD N 3 Peganjaran Bae Kudus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran Pintu Pengetahuan dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa ranah kognitif Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Santoso, S.Pd, M.Pd. Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Talking Stick, Keterampilan Guru, Hasil Belajar, Media Pintu Pengetahuan dan Indahnya Kebersamaan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 22:00 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 22:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13736 |
Actions (login required)
View Item |