Wijayanti, Dwi (2020) peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 gondoharum pada tema 6 cita-citaku melalui penerapan model quantum teaching berbantuan media palang arahku. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (811kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru kelas IV SDN 1 Gondoharum pada tema Cita-citaku muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan media PALANG ARAHKU. Hasil belajar adalah perubahan yang dimiliki oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar yang menyangkut aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun dalam penelitian ini yang diukur pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Model Quantum teaching merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, menghargai setiap usaha atau tindakan yang dilakukan oleh peserta didik serta mengandung unsur permainannya di dalamnya yang bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar peserta didik. Media PALANG ARAHKU merupakan media pembelajaran yang berbentuk banner dalam ukuran 3 m x 3 m, serta diperkecil dan ditempel pada papan yang berukuran 60 cm x 60 cm. Keterampilan mengajar guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kinerjanya secara maksimal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Gondoharum dengan subjek penelitian 27 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung 2 siklus pada masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Selain itu analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru dari siklus I sebesar 70,5% kriteria baik (B), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86% kriteria sangat baik (SB). Hasil belajar muatan IPS dari siklus I sebesar 74,07% kriteria baik (B) pada siklus II meningkat sebesar 92,5% dengan kriteria sangat baik (SB). Sedangkan muatan Bahasa Indonesia dari siklus I sebesar 81,48% kriteria baik (B) meningkat 88,88% kriteria sangat baik (SB). Aspek keterampilan pada muatan IPS siklus I sebesar 73% kriteria baik (B) meningkat pada siklus II sebesar 93% kriteria sangat baik (SB). Sedangkan muatan Bahasa Indonesia siklus I sebesar 74,07% kriteria baik (B) meningkat menjadi 92,5% pada siklus II kriteria sangat baik (SB). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Quantum teaching berbantuan media PALANG ARAHKU dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Gondoharum.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd. Lintang Kironoratri, S.Pd. M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Quantum teaching, Media PALANG ARAHKU, dan Keterampilan Mengajar Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 22:29 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 22:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13743 |
Actions (login required)
View Item |