Peningkatan hasil belajar menggunakanalat peraga engklek melalui penerapan model student teams achievement division pada pembelajaran tema 7 untuk siswa Kelas ivsd it al-hikmah mayong

AGUSTINA, ELLA (2020) Peningkatan hasil belajar menggunakanalat peraga engklek melalui penerapan model student teams achievement division pada pembelajaran tema 7 untuk siswa Kelas ivsd it al-hikmah mayong. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru melalui alat peraga dengan menerapkan model pembelajaran student teams achievement division tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang didapat setelah mengikuti proses pembelajaran. Pada penelitian ini, alat peraga yang digunakan adalah alat peraga engklek, merupakan salah satu alat peraga yang sangat cocok digunakan dalam upaya perkembangan fisik atau motorik siswa. Agar hasil belajar siswa meningkat perlu adanya model pembelajaran, salah satunya model student teams achievement division, merupakan model pembelajaran kooperatif dan menyenangkan. Materi dalam tema 7 Indanya Keragaman di Negeriku, muatan IPS dan muatan Bahasa Indonesia ini adalah materi kebudayaan Indonesia dan materi teks nonfiksi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada subtema 1 (Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku) dan subtema 2 (Indahnya Keragaman Budaya Negeriku) menggunakan alat peraga engklek melalui penerapan model student teams achievement divisiondiduga akan meningkat. Jenis penilitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong yang berjumlah 36 siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dan terdiri empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (tertulis) dan nontes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan yaitu keterampilan mengajar guru dalam mengelola proses pembelajaran siklus I 69% (Cukup) dan siklus II 94% (Sangat Baik), hasil belajar muatan IPS pada aspek pengetahuan siklus I 67% dan muatan Bahasa Indonesia 64%, sedangkan muatan IPS dan muatan Bahasa Indonesia pada siklus II 92%, serta hasil belajar pada aspek keterampilan pada siklus I 54% dan pada siklus II 84%.Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan bahwa menggunakan alat peraga engklek melalui penerapan model student teams achievement divisiondapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku) kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: alat peraga engklek, hasil belajar, student teams achievement division, tema 7 (indahnya keragaman di negeriku).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Apr 2021 21:18
Last Modified: 25 Apr 2021 21:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item