Reading interest and reading comprehension Of the fourth semester students Of english education department Of universitas muria kudus in academic year 2019/2020

‘IZZA, VIVI NURLAILATUL (2020) Reading interest and reading comprehension Of the fourth semester students Of english education department Of universitas muria kudus in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, biasanya kita menemukan masalah siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris, karena mereka tidak hanya membaca teksnya saja, tetapi mereka dituntut untuk memahami isi bahan bacaan seperti mengetahui topik, tema, gagasan pokok dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut. Oleh karena itu, mereka dituntut memiliki pengetahuan bahasa yang baik dengan sistem yang berbeda, temasuk kosakata dan stuktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat membaca dan pemahaman membaca mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2019/2020. Dalam menyelidiki korelasi antara minat membaca dan pemahaman membaca mahasiswa semester empat, peneliti mengadakan penelitian korelasi yang ada dalam lingkup penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling adalah 60 mahasiswa. Terkait dengan instrumen dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuestioner/angket untuk mengetahui minat siswa dalam membaca dan dokumentasi untuk mengetahui pemahaman membaca siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata minat membaca adalah 73.55 dan standar deviasi adalah 11.79, sementara nilai rata-rata pemahaman membaca adalah 81.35 dan standar deviasi adalah 21.72. Dari data nilai rata-rata tersebut, minat membaca dan pemahaman membaca mahasiswa tersebut dikategorikan bagus. Selain itu, koefisien ro yang diperoleh adalah 0.78. Karena ro tidak sama dengan 0, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, ada korelasi yang signifikan antara minat membaca dan pemahaman membaca mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2019/2020. Terbukti jika minat membacanya tinggi maka pemahaman membacanya juga tinggi, sebaliknya, jika minat membacanya rendah pemahaman membacanya juga rendah. Akhir dari penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa lebih tertarik membaca untuk mendapatkan nilai pemahaman membaca yang lebih baik. Sementara itu, guru harus memahami masalah siswa dalam membaca, terutama siswa yang mendapat nilai sedang atau kurang dalam pemahaman membaca.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd, Pembimbing 2 Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Korelasi, Minat Membaca, Pemahaman Membaca
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Bahasa dan sastra > Sastra Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Apr 2021 22:11
Last Modified: 25 Apr 2021 22:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item