Pengembangan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter untuk siswa kelas iv sd kecamatan jati

KHALASHINIKOV, STELA RAMADHANI (2020) Pengembangan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter untuk siswa kelas iv sd kecamatan jati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan untuk penelitian ini terdiri dari: (1.) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan rumusan model hipotetik instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) pada siswa Kelas IV SD Kecamatan Jati Gugus Ismoyo, (2.) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) pada siswa Kelas IV SD Kecamatan Jati Gugus Ismoyo. (3.) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil validitas pada instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) pada siswa kelas IV SD Kecamatan Jati Gugus Ismoyo, dan (4.) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pengembangan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) pada siswa Kelas IV SD Kecamatan Jati Gugus Ismoyo. Subjek pada penelitian ini di SD Kecamatan Jati Gugus Ismoyo yang terdiri dari: SDN 01 Loram Kulon, SDN 01 Getas Pejaten, SDN 02 Getas Pejaten dan SDN 04 Getas Pejaten pada kelas IV yang sudah melaksanakan penilaian autentik kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development. Pada desain penelitian menggunakan prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan model menurut Borg and Gall. Untuk uji keabsahan data pada validasi untuk instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk siswa kelas IV menggunakan validasi isi dan validasi empirik dan menggunakan pengujian reliabilitas dengan internal consistency dengan teknik Alfa Cronbach atau Uji N Gain. Analisis data penelitian menggunakan Uji T untuk menghitung keefektifan. . Instrumen penilaian autentik yang dikembangkan berupa instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK). Instrumen ini terbukti valid karena jumlah skor dari 2 orang validator masing masing yaitu validasi isi format penilaian materi mendapat skor 62 dan 62. Sedangkan, untuk validasi empirik format penilaian produk mendapat skor 62 dan 66. Pada pembelajaran tematik berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) dengan dilengkapi instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) efektif terbukti dari peningkatan hasil belajar. Rata-rata presentase pretest di kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 28,58 dan 30,14. Setelah, diberikan intervensi rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen meningkat menjadi 35,68 dan 37,78. Hasil uji t di dapatkan nilai thitung = 3.140 dengan taraf signifikansi 0,002 ˂ α = 0,05. Persentase respon positif telah diberikan pada guru dan siswa masing masing yaitu 88,8% dan 98,02% dari kriteria minimal 75,01%. Pada aktivitas belajar siswa kelas kontrol rerata 26 dan kelas eksperimen 54,6. Untuk itu, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi di kelas eksperimen. Simpulan yang diperoleh yaitu instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) efektif dan praktis. Peneliti memberi saran supaya para guru menggunakan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) di pembelajaran tematik berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK) karena mampu menilai dan membentuk sikap spiritual dan sikap sosial pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial, penguatan pendidikan karakter, siswa kelas IV SD Kecamatan Jati.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Apr 2021 22:59
Last Modified: 25 Apr 2021 22:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item