Pengembangan media takontikasi berbasis matematika realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis materi fpb dan kpk siswa kelas iv sekolah dasar

Zaenap, Siti (2020) Pengembangan media takontikasi berbasis matematika realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis materi fpb dan kpk siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
1. halaman judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan media pembelajaran dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi FPB dan KPK bagi siswa kelas IV di sekolah dasar, menguji rancangan pengembangan media takontikasi berbasis matematik realistik, dan keefektifan media takontikasi berbasis matematik realistik. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: pengumpulan informasi, rancangan produk, pembuatan produk, uji coba awal produk, revisi produk, uji coba produk pada kelas eksperimen, revisi hasil uji produk lapangan, validasi, revisi produk akhir dan deseminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi observasi pembelajaran, dan validasi produk media takontikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Gunungsari dan SDN 2 Sendangagung. Hasil prototipe media takontikasi berbasis matematika realistik terbuat dari bahan dari kayu jati yang terdiri atas tiga bagian yaitu papan takontikasi, kartu bilangan, dan biji dakon. Sedangkan buku pedoman penggunaan media takontikasi dibuat dengan bahan berkualitas dan dibuat semenarik mungkin dengan tujuan menarik minat belajar siswa. Setelah validator memvalidasi media maka diperoleh nilai 89,5% dengan kategori valid. Kemudian media takontikasi diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil (s2) 217,8 dengan nilai deviasi (s) 14,7, sedangkan penghitungan N-gain diperoleh hasil 0,63 dengan kategori sedang. Uji efektifitas media takontikasi dilakukan dengan membandingkan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung 6,1. Maka dapat di tarik kesimpulkan bahwa media takontikasi berbasis matematika realistik dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. Dr. Santoso, M. Pd.
Kata Kunci: Media Takontikasi, Matematika Realistik, Komunikasi Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2021 19:55
Last Modified: 26 Apr 2021 19:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item