Pengembangan media katela untuk operasi hitung perkalian pada siswa kelas 2 sekolah dasar

Fatimah, Dewi (2020) Pengembangan media katela untuk operasi hitung perkalian pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran perkalian yang ada di kelas 2 di Gugus Cut Nyak Dien di kecamatan Sulang, mendeskripsikan kebutuhan media Katela bagi siswa di sekolah dasar, menguji rancangan pengembangan media pembelajaran dalam konsep Operasi Hitung Perkalian di sekolah dasar, menentukan keefektifan media pembelajaran katela untuk operasi hitung perkalian kelas 2 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi tes tertulis berhitung perkalian, observasi pembelajaran, dan validasi produk media Katela. Analisis produk media Katela untuk menanamkan konsep perkalianmeliputi 6 tahap. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 2 Di Gugus Cut Nyak Dien. Hasil prototipe media katela melalui berupa produk fisik sepaket ayam, telur ayam, rak telur, dan tempat pengeraman telur, buku panduan penggunaan media katela dengan bahan pembuatan berkualitas dan menarik perhatian siswa serta video animasi tentang media katela. Setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 90 dengan kategori valid. Kemudian media katela diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,58 dengan kategori sedang. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis perkalian siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 6,44. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media katela untuk operasi perkalian dapat digunakan dalam pembelajaran perkalian di kelas 2 Sekolah Dasar. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd. Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: media, perkalian, matematika, siswa kelas rendah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2021 20:03
Last Modified: 26 Apr 2021 20:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

View Item View Item