Implementasi pembelajaran daring melalui model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah dasar negeri dempet 1 Kecamatan dempet kabupaten demak

KUSTIYANI, ARY (2020) Implementasi pembelajaran daring melalui model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah dasar negeri dempet 1 Kecamatan dempet kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN..pdf - Accepted Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi daring model problem based learning kelas V SD Negeri Dempet 1. 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri Dempet 1. 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring melalui model problem based learning di kelas V SD Negeri Dempet 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Lokasi penelitian di kelas V SD Negeri Dempet 1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapuan analisis data menggunakan teknik milles dan hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian 1) Implementasi pembelajaran daring melalui model problem based learning di kelas V SD Negeri Dempet 1 berjalan lancar sesuai dengan perangkat pembelajaran (RPP dan SILABUS) serta sesuai dengan langkah model pembelajaran problem based learning. Pembelajaran di laksanakan dengan membentuk kelompok kemudian menyelesaikan permasalahan terkait dengan materi yang disajikan guru. Siswa di tuntut untuk mengindentifikasi masalah, menganalisa dan menemukan jawaban. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Dempet 1 mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model problem based learning. Berdasarkan pengamatan bahwa kemampuan berpikir siswa ada pada kategori baik dengan indikator kemampuan siswa dalam mengenal masalah, menemukan cara-cara yang dipakai untuk menangani masalah, mengumpulkan dan menyusun informasi yang diperlukan dan menganalisis data, menilai fakta dan mengevaluasi pertanyaan-pertanyaan, mengenal adanya hubungan yang logis antara masalah-masalah, menarik kesimpulan yang diperlukan. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi model problem based learning Kelas V SD Negeri Dempet 1 adalah dukungan kepala sekolah, dukungan orang tua, serta kemampuan dasar siswa. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan media teknologi, posisi keterbatasan pengawasan, serta keadaan kecerdasan siswa yang tidak sama.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Surachmi W, M.Pd. Pembimbing 2 4. Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: problem based learning, critical thinking skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Apr 2021 20:52
Last Modified: 27 Apr 2021 20:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item