Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media pop up muatan ips dan bahasa indonesia pada siswa kelas v sd 3 bulungcangkring kabupaten kudus

OKTAVIANI, YENNI (2020) Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media pop up muatan ips dan bahasa indonesia pada siswa kelas v sd 3 bulungcangkring kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa belajar, dan memaparkan peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan model think pair share berbantuan media pop up pada kelas V SD 3 Bulungcangkring. Model pembelajaran think pair share merupakan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi. Hasil belajar merupakan suatu kegiatan yang untuk mengubah perilaku dalam diri siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media pop up dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan pada tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD 3 Bulungcangkring. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas V SD 3 Bulungcangkring dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran think pair share berbantuan media pop up, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini berupa tes kemampuan hasil belajar siswa, lembar penilaian keterampilan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterampilan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkaan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada tema panas dan perpindahanya Peningkatan Keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan pada siklus II memperoleh rata-rata nilai 84. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 69 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69 muatan IPS dan 70 untuk muatan Bahasa Indonesia, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79 untuk muatan IPS dan 80 untuk muatan Bahasa Indonesia. Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas V SD 3 Bulungcangkring, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar tema panas dan perpindahannya kelas V SD 3 Bulungcangkring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A. Pembimbing 2 Eko Widianto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: think pair share, media pop up, hasil belajar, tema panas dan perpindahannya.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 20:22
Last Modified: 28 Apr 2021 20:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item