Pengembangan buku saku berbasis literasi sains Untuk meningkatkan minat belajar tema Organ gerak hewan dan manusia pada Siswa kelas v sekolah dasar

AFIFAH, NUR LAILA (2020) Pengembangan buku saku berbasis literasi sains Untuk meningkatkan minat belajar tema Organ gerak hewan dan manusia pada Siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikelayakan dan efektivitasbukusakuberbasisliterasisainstema organ gerakhewan dan manusia pada siswakelas V sekolahdasar.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganatauResearch and Development (R&D) menggunakan metode pengembanganmodel Borg dan Gall. Adapun langkahnyaadalahpengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, uji cobaprodukawal,, revisiproduk, uji penggunaanproduk, revisi hasil ujilapangan, validasi, revisiprodukakhir, dan diseminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatifmeliputiobservasipembelajaran, validasiproduk, dan minatbelajarsiswa. Sumber data pada penelitianiniadalahsiswakelas V dan guru di kecamatanRembang. Desain pengembanganbukusakuberbasisliterasisains yang telahdikembangkanpenelititerdiriatas 3 bagianyaknipendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagianisimaterimengintegrasikan 4 aspekliterasisains. Kelayakanprodukdilihatdarihasilvalidasiahlimateri dan ahlibahasa. Dari proses validasiahlimateridiperolehhasil rata-rata 3,33 denganpesentase 83% dan kategorisangatbaik. Validasiahlibahasamemperolehhasil 85% dengan rata-rata 3,40 dan kategorisangatbaik. Selanjutnyaproduk yang dikembangkandapatmeningkatkanminatbelajarsiswa, haliniditunjukkan oleh data angketminatbelajardiperoleh89% atausebanyak 16siswa pada kategorisangattinggi. Berdasarkanhasilvalidasi dan dikuatkandenganhasilangketminatbelajarsiswamakabukusakuberbasisliterasisainsiniefektifdigunakansebagaibukupendampingpembelajaranuntukmeningkatkanminatbelajarsiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr.Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr.Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: bukusaku,literasisains, minatbelajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 20:57
Last Modified: 28 Apr 2021 20:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item