Meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada kelas xi tkj 2 Smkn 3 kudus tahun pelajaran 2019/2020

Aliyati, Nailul Jannati (2020) Meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada kelas xi tkj 2 Smkn 3 kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan kondisi keterbukaan diri dalam komunikasi siswa sebelum dan sesudah diberikan Layanan Bimbingan Kelompok dan Diperoleh peningkatan keterbukaan diri siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui layanan bimbingan kelompok, 2. Mendeskripsikan peningkatan aktifitas pada Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Keterbukaan diri merupakan kondisi yang dinamis yang terjalin pada siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus. Yang di dalamnya siswa mampu berkomunikasi dengan semua siswa dengan keterbukaan diri dalam komunukasi antar teman sebaya, memiliki kerjasama yang terjalin dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, peneliti menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sebagai sarana untuk meningkatkan keterbukaan diri pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah 10 siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudusyang memiliki keterbukaan diri yang rendah. Hasil penelitian diketahui bahwa keterbukaan diri subjek penelitian pra siklus siswa memperoleh skor 38,7 kategori (Sangat Kurang). Siklus I siswa memperoleh skor 72,6 kategori (Kurang). Siklus II siswa memperoleh skor 102 kategori (Sangat Baik). Peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I memperoleh 55 kategori (Baik). Pada siklus II pelaksanaan layanan informasi media film memperoleh 75 kategori (Sangat Baik). Maka hipotesis penelitian yang berbunyi “Layanan bimbingan kelompok tenik sosiodrama dapat meningkatkan keterbukaan diridalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus tahun pelajaran 2019/2020”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Maka hipotesis yang berbunyi “Ada peningkatan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Kudus tahun pelajaran 2019/2020”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak terkait dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut: 1.Bagi Kepala Sekolah Dapat digunakan sebagai dasar dan landasan dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan proses bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. 2. Bagi Konselor Dapat digunakan oleh konselor sebagai acuan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa sesui dengan kebutuhan siswa. 3.Bagi Siswa Siswa dapat meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam proses pelaksanaan bimbingan kelompok. 4.Bagi Peneliti Digunakan oleh peneliti utuk membantu mencapai tahapperkembangan siswa yang maksimal malalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (i) Dr. Santoso M. Pd., Dosen Pembimbing: (ii) Nur Mahardika, S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Keterbukaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 21:40
Last Modified: 28 Apr 2021 21:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item View Item