Pengembangan media pembelajaran literasi cergam berbasis e-book android untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iii sekolah dasar

ENDIAWAN, AHMAD SYUKRI (2020) Pengembangan media pembelajaran literasi cergam berbasis e-book android untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan media literasi cergamyang valid, praktis, dan efektif berbasis e-book Androidsertamengetahuipeningkatkan minat baca siswapada tema 1 menyayangi tumbuhan dan hewan sub 2 manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, khususnya pada kelas III SD Terangmas Undaan Kudus. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: 1) menganalisis kebutuhan di SD; 2) mengembangkan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba luas; 6) diseminasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 40 orang siswa di SD Terangmas dan SD 1 Glagahwaru sebagai kelas eksperimen dan 48 orang siswa di SD 2 Medini, SD 2 Kutuk dan SD 3 Glagahwaru sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan model pembelajaran literasi cergam berbasis e-book android dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. DesainHasil Pengembangan terdapat 4 media cergam berbasis e-book android, meliputi:1) Pohon Apel Yang Tulus; 2) Deni yang Rajin dan Pintar; 3) Bertamasya ke Pegunungan; 4) Asal Mula Buah Kelapa. Pembelajaran terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 52, 27, 21 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaran efektif meningkatkanminat baca siswa. Hasil uji t diperoleh nilai t_hitung = 4,434 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 93,33% dan 95% dari kriteria minimal 75,01%. Minat baca siswa kelas kontrol mencapai rerata 80% dan kelas eksperimen 95%. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen.Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran literasi cergam berbasis e-book android meningkatkan minat baca siswa kelas III sekolah dasar. Disarankan agar guru menggunakan literasi cergam berbasis e-book android padapembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fahturrohman, M.Pd., Pembimbing 2 Dr.Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan media, literasi cergam, e-book android, minat baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 21:34
Last Modified: 28 Apr 2021 21:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item