Milsari, Fellia Ratih (2020) Meningkatkan kontrol diri siswa dalam pergaulan menggunakan layanan bimbingan kelompok Dengan teknik sosiodrama. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version Download (662kB) | Preview |
Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (233kB) | Preview |
Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi pada anak panti asuhan dan pondok prsantren Qur’an Nurul Jannah, diketahui kontrol diri dalam pergaulan anak panti tersebut masih rendah, maka dari itu upaya untuk meningkatkan kontrol diri anak dalam pergaulan sangat diperlukan agar terciptanya anak yang lebih bisa meningkatkan kontrol dirinya. Terdapat juga beberapa masalah dalam mengkontrol diri khususnya dalam ruang lingkup panti asuhan, banyak anak yang menyepelekan kontrol diri dalam pergaulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kontrol diri dalam pergaulan dan Apakah kontrol diri dalam pergaulan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kontrol diri dalam pergaulan dan mendiskripsikan peningkatan kontrol diri dalam pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama observasi pada anak panti asuhan dan pondok prsantren Qur’an Nurul Jannah. Dalam penelitian ini menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Layanan bimbingan kelompok adalah upaya pemberian bantuan kepada anak dengan situasi kelompok untuk memecahkan masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi, dan sosial dari anggota kelompok tersebut. Teknik sosiodrama ini bermanfaat untuk membantu klien untuk memecahkan masalah, menambah wawasan, mendapat pengalaman belajar baru, dan mampu mengambil keputusan dengan sebijak mungkin. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling atau yang lebih dikenal dengan PTBK. PTBK adalah sebuah kegiatan penelitian untuk memberikan tindakan yang dilakukan dalam lingkup kegiatan bimbingan dan konseling. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan: (a) perencanaan (planning), (b) tindakan (action), (c) pengamatan (observation), (d) refleksi (reflection).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Drs. Santoso M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., |
Kata Kunci: | Kontrol Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 22:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 22:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13866 |
Actions (login required)
View Item |