The perception of the 11th grade students of science program of ma al isti’anah boarding school pati on the use of english songs in teaching listening

ULFA, SITI MARYAM (2020) The perception of the 11th grade students of science program of ma al isti’anah boarding school pati on the use of english songs in teaching listening. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
07. BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa inggris ada empat skil yang harus dikuasai oleh pelajar bahasa inggris. Empat skil tersebut berupa mendengarlam, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat skil tersebut harus seimbang antara mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Lagu sangat lazim di kebudayaan manusia. Ada lagu disetiap aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang paling penting di pembelajaran bahasa inggris adalah mendengarkan. Beberapa siswa mempunyai beberapa masalah dalam pembelajaran bahasa inggris seperti kekurangan kosa kata, memahami tata bahasa, media yang tidak cocok yang digunakan oleh guru, dan lainnya. Masalah ini harus diselesaikan oleh guru. Guru harus menemukan strategi, metode, teknik, dan media yang cocok dan efektif untuk membuat siswa paham dan tertarik dalam pembelajaran bahasa inggris. Guru mempunyai beberapa teknik dan media untuk meningkatkan skil mendengarkan siswa. Salah satu media yang digunakan adalah lagu. Terkadang guru menggunakan lagu dalam pembelajaran bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Kelas Sebelas MIPA di MA Al Isti’anah Boarding School Pati dalam Penggunaan Lagu Bahasa Inggris dalam Mengajar Mendengarkan Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelah MA Al Isti’anah Boarding School Pati, peneliti mengambil XI MIPA. Alasan memilih kelas XI MIPA karena saran dari guru. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dengan 20 pertanyaan untuk siswa. Hasil kuesioner menunjukan ada 10 persepsi sangat baik. Persepsi sangat baik mempunyai mean 4.5. ada 10 persepsi baik dan tidak ada mean dari persepsi cukup atau buruk, ini menunjukan bahwa lagu bahasa inggris adalah salah satu media yang cocok dalam pembelajaran bahasa inggris. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa lagu bahasa inggris dapat menjadi media yang efektif untuk membantu siswa lebih kreatif dan percaya diri. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa inggris sebagai salah satu media untuk memperkaya referensi tentang pengajaran mendengarkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd., Pembimbing 2 Fajar Kartika, S.S., M.Hum.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Lagu Bahasa Inggris, Pengajaran Mendengarkan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 22:28
Last Modified: 28 Apr 2021 22:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item