Peran pemerintah desa dalam pembangunan desa wisata dengan pendanaan dari dana Desa untuk meningkatkan pendapatan umkm (studi di desa sentul kecamatan cluwak kabupaten pati)

SUSANTO, HERRY (2020) Peran pemerintah desa dalam pembangunan desa wisata dengan pendanaan dari dana Desa untuk meningkatkan pendapatan umkm (studi di desa sentul kecamatan cluwak kabupaten pati). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstrak

Penelitian yang berjudul PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA DENGAN PENDANAAN DARI DANA DESA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM (STUDI DI DESA SENTUL KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI) ini mengkaji terkait dengan peran Kepala Desa dalam kebijakan pembangunan pariwisata berupa desa wisata di Desa Sentul Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Pemerintah Desa Sentul saat ini mengembangkan desa wisata, dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh desa baik potensi alam, masyarakat dan seni budayanya. Tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui Peran Pemerintah Desa Sentul dalam Pembangunan Wisata Desa Wisata. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Dalam penelitian ini informan utama adalah Kepala Desa Sentul, Ketua Organisasi Masyarakat (PKK, Karang Taruna, Kelompok Tani). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulan bahwa Peran Pemerintah Desa Sentul Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dalam pembangunan Desa Wisata sangatlah dominan. Pemerintah Desa melalui peran kepala desa, mempunyai andil yang cukup besar yaitu mengalokasikan Dana Desa (DD) guna pembangunan desa wisata, melakukan beberapa upaya untuk memotivasi kalangan investor, wirasusaha wisata serta masyarakat agar tertarik turut serta mengembangkan potensi pariwisata di Desa Sentul melalui program sosialisasi sadar wisata, menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten Pati dan Dinas Perindustrian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memberikan pelatihan pengelolaan usaha wisata, memberikan dukungan dana stimulan melalui Dana Desa kepada pelaku usaha wisata dalam bentuk pinjaman tanpa bunga sehingga potensi wisata di Desa Sentul dapat cepat tumbuh dan berkembang. Dasar pemanfaatan dana desa di sektor pariwisata adalah Peraturan Mendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan dana desa didalam “pasal 17 ayat (2) huruf H didalam pasal ini diatur mengenai klasifikasi tentang penggunaan dana desa di bidang pariwisata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: Dr. Dra. Sulistyowati,SH,CN
Kata Kunci: Peran Pemerintah Desa, Desa Wisata, Dana Desa, UMKM
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Apr 2021 18:41
Last Modified: 29 Apr 2021 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item