Reinforcement implemented by The english teachers in smk taman siswa kudus

ANNISA MIFTHANIA, ANNISA (2020) Reinforcement implemented by The english teachers in smk taman siswa kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bba 3] Text (Bba 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Keefektifan proses belajar dan mengajar di kelas tergantung bagaimana interaksi antara guru dan siswa. Kurangnya motivasi dalam belajar khususnya bahasa Inggris membuat siswa menjadi malas dan tidak bersemangat. Hal tersebut juga dapat berpengaruh pada tingkah laku siswa di kelas yang menimbullkan ketidaknyamanan atau perasaan terganggu oleh siswa lainnya. Walau ada beberapa kendala yang harus diatasi para guru, namun perhatian dan penguatan menjadi hal penting yang di butuhkan untuk mendorong motivasi siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen-komponen penguatan yang di terapkan guru bahasa Inggris SMK Taman Siswa Kudus dalam proses belajar dan mengajar, serta alasan para guru bahasa Inggris SMK Taman Siswa Kudus dalam menggunakan komponen-komponen penguatan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan kendala yang dihadapi para guru bahasa Inggris SMK Taman Siswa Kudus dalam menerapkan komponen-komponen penguatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan komponen-komponen penguatan yang di gunakan oleh para guru bahasa Inggris SMK Taman Siswa Kudus serta kendala yang di hadapi dalam menerapkan komponen-komponen peguatan tersebut. Penelit mengumpulkan data melalui angket secara online karena adanya pandemic COVID-19. Setelah itu peneliti menganalisis data yang terkumpul dari angket ke dalam bentuk persentase dari setiap pertanyaan kemudian menginterpretasikan hasilnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para guru bahasa Inggris SMK Taman Siswa Kudus menerapkan komponen-komponen penguatan berupa penguatan lisan, penguatan dengan gerakan, penguatan melalui aktivitas, penguatan melalui kontak fisik, dan penguatan melalui penghargaan beserta alasan dalam mengimplementasikannya. Selain itu guru menghadapi kendala dalam mengimplementasikan penguatan berupa perbedaan karakter antar siswa dan kesenjangan sosial antar siswa. Melalui penelitian ini, peneliti menyarankan para guru untuk menerapkan komponen-komponen penguatan yang ada sehingga dapat memberikan dampak baik bagi siswa maupun guru dalam proses belajar dan mengajar. Lebih lagi, untuk siswa yang belajar bahasa asing yang kelak menjadi pengajar bahasa khususnya bahasa Inggris agar memberikan perhatian lebih terhadap penerapan komponen-komponen penguatan. Selebihnya, penelitian ini diharapkan agar bisa menjadi salah satu referensi bagi peneliti yang akan datang dengan memodifikasi atau menambahkan informasi sesuai kebutuhan dan menggali lebih dalam tentang komponen-komponen penguatan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Fitri Budi Suryani, S.S, M.Pd., Pembimbing 2 Mutohhar, S.Pd. M.Pd
Kata Kunci: reinforcement; English teachers
Subjects: Bahasa dan sastra > Sastra Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 May 2021 20:23
Last Modified: 02 May 2021 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item