KHOIRUDDIN, AFIF (2020) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model jigsaw pada siswa kelas iv sd 4 karangbener pada pembelajaran tema 6 cita-citaku. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (373kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (200kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (113kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 4 Karangbener Bae Kudus yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa, tes pilihan ganda, dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I memperoleh persentase 68,42% meningkat 89,50% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 56,50% meningkat menjadi 86,25% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I skor rata-rata 14 (baik) meningkat menjadi 16,64 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh skor rata-rata 15,5 (baik) meningkat 18 (sangat baik) pada siklus II.Simpulan peneliti bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tema 6 cita-citaku kelas IV SD 4 Karangbener. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, M.Pd. , Pembimbing 2 Deka Setiawan, M.Pd. |
Kata Kunci: | Jigsaw, Hasil Belajar, pembelajaran tema 6 cita-citaku |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 May 2021 21:13 |
Last Modified: | 02 May 2021 21:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13900 |
Actions (login required)
View Item |