Analisis pola asuh orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii sdn 1 pelemkerep

ROHMANIYAH, NUR ALFIYATUR (2020) Analisis pola asuh orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii sdn 1 pelemkerep. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (908kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 1 Pelemkerep Mayong Kabupaten Jepara dengan rumusan masalah bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa di SDN 1 Pelemkerep dan peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III SDN 1 Pelemkerep. Penelitian ini membahas mengenai pola asuh dan implikasinya motivasi belajar terhadap siswa. Pola asuh orang tua merupakan kontrol orang tua dalam memberikan pengaruh positif terhadap anak.Terdapat empat jenis pola asuh, yang meliputi pola asuh permisif, demokratif, otoritatif, dan penelantaran. Sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun dari luar untuk tetap belajar sehingga seseorang atau khususnya siswa sekolah dasar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Pola asuh yang positif akan memberikan dorongan motivasi belajar yang tinggi terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek antara siswa, orang tua dan guru sebagai subjek, siswa dan guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua siswa SDN 1 Pelemkerep bentuk pengasuhan demokratis. Bentuk pola asuh demokratis dengan menerapkan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah dan tindakan yang mencerminkan budi pekerti mampu memberikan peranan untuk siswa khususnya dalam hal motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa dapat memberikan dorongan terhadap motivasi belajar siswa di lingkungan keluarga dan sekolah sehingga siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu bentuk pola asuh demokratis juga mampu membentuk karakter dalam diri siswa berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang positif bagi siswa mampu memiliki semangat belajar baik di sekolah dan di rumah yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Khamdun, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Eko Widianto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 May 2021 21:29
Last Modified: 02 May 2021 21:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item View Item