Peningkatan pemahaman konsep menggunakan model picture and picture berbantuan media wayang tema cita-citaku pada siswa kelas iv Sd 2 jojo kudus

MAHMUDAH, AMIRA HENNY (2020) Peningkatan pemahaman konsep menggunakan model picture and picture berbantuan media wayang tema cita-citaku pada siswa kelas iv Sd 2 jojo kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan memahami materi yang digunakan untuk menggambarkan gagasan yang ada dalam pikiran dan memberikan contoh dan penjelasan secara lebih luas. Kemampuan pemahaman konsep dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media wayang. Picture & picture adalah suatu model belajar menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis yang bertujuan agar siswa lebih mudah menerima materi pembelajaran. Media wayang adalah suatu alat yang dapat digerakan oleh tangan yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat menyerap materi dengan sempurna. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bermuatan IPS dan PPKn setiap siklusnya yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dengan subjek penelitian 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Picture and Picture, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan berupa soal tes berbentuk uraian dan berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan konsep siswa siswa di SD 2 Jojo Kudus dalam memahami Tema 6 cita-citaku subtema 1 Aku dan Cita-citaku subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. Pemahaman konsep siswa muatan IPS siklus I memperoleh skor 340 persentase keberhasilan 75% dengan kriteria sangat baik, kemudian siklus II memperoleh skor 395 persentase 91% dengan kriteria sangat baik. PPKn siklus I memperoleh skor 328 dengan presentase 71% dengan kriteria baik, kemudian siklus II memperoleh skor 377 dengan presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Ketrampilan guru siklus I memperoleh skor 150 dengan presentase 75%, kemudian siklus II memperoleh skor 177 dengan presentase 89%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Immaniar Purbasari, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Picture and Picture, dan Wayang,
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 May 2021 21:45
Last Modified: 02 May 2021 21:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item