Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di sd negeri gugus kartini kecamatan kota kudus

Magfiroh, Unun (2020) Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di sd negeri gugus kartini kecamatan kota kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. Bab I.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
7. Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; (2) menganalisis pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus; dan (3) menganalisis pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru kelas di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kausal untuk mengetahui adanya hubungan variabel-variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas adalah Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis kepala sekolah, dan variabel terikat kinerja guru kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis prasyarat, dan statistik dengan regresi, korelasi, penentuan koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,381 dan pengaruh yang diberikan sebesar 14,5%; (2) terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,260 dan pengaruh yang diberikan sebesar 6,8%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan Manajemen Berbasis Sekolah (X1) dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru kelas (Y) di SD Negeri Gugus Kartini Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah dan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas sebesar R = 0,483 dan pengaruh yang diberikan sebesar 23,4%. Saran yang dapat diberikan: (1) hasil penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan penelitian-penelitian tentang variabel lain yang dapat berpengaruh pada kinerja guru; (2) bagi penulis, untuk dapat menggunakan hasil yang diperoleh dalam bekerja sebagai pendidik; (3) bagi kepala sekolah, untuk dapat lebih mengoptimalkan Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan demokratis agar dapat memperoleh hasil maksimal dalam meningkatkan kinerja guru yang dipimpin; dan (4) bagi pihak guru kelas, untuk dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar dapat meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Santoso, M. Pd., Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M. Pd.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kinerja Guru Kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 May 2021 20:59
Last Modified: 04 May 2021 20:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item