WIDYANINGRUM, DEWI (2020) Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains ipa pada siswa kelas 5 di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (226kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (230kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran saintifik berbasis HOTS untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains IPA pada siswa kelas 5 SD. Penilitian ini adalah Penelitian Reasert and Dovelepment (R&d) dengan mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar . Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Kab Demak. Prosedur penelitian R&D menggunakan langkah-langkah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba awal, (7) revisi produk. Sumber data dari guru, dinas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket siswa dan tes evaluasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji homogenitas, uji normalitas, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan desain model pembelajaran saitifik berbasis HOTS memiliki komponen (1) sintak model pembelajaran (2) dampak pengiring (3) dampak sosial (4) panduan pembelajaran. Hasil Validasi ahli diperoleh kriteria baik dan masukan berupa saran untuk perbaikan produk yang lebih baik. Hasil uji efektifitas model pembelajaran saintifik berbasis HOTS melalui uji uji coba produk, uji coba terbatas, diperolehrata-rata persentase keefektifan untuk pertemuan I dan II adalah 76% yang tergolong dalam kategori baiklayak digunakan dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains IPA kelas 5 sekolah dasar di Kabupaten Demak
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sri Utamingsih, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. Santoso. M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Saintifik berbasis HOTS, Penguasaan Konsep, Ketrampilan Sains IPA. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Buku-buku acuan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 May 2021 21:57 |
Last Modified: | 04 May 2021 21:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13942 |
Actions (login required)
View Item |