Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains ipa pada siswa kelas 5 di sekolah dasar

WIDYANINGRUM, DEWI (2020) Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains ipa pada siswa kelas 5 di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran saintifik berbasis HOTS untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains IPA pada siswa kelas 5 SD. Penilitian ini adalah Penelitian Reasert and Dovelepment (R&d) dengan mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar . Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Kab Demak. Prosedur penelitian R&D menggunakan langkah-langkah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba awal, (7) revisi produk. Sumber data dari guru, dinas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket siswa dan tes evaluasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji homogenitas, uji normalitas, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan desain model pembelajaran saitifik berbasis HOTS memiliki komponen (1) sintak model pembelajaran (2) dampak pengiring (3) dampak sosial (4) panduan pembelajaran. Hasil Validasi ahli diperoleh kriteria baik dan masukan berupa saran untuk perbaikan produk yang lebih baik. Hasil uji efektifitas model pembelajaran saintifik berbasis HOTS melalui uji uji coba produk, uji coba terbatas, diperolehrata-rata persentase keefektifan untuk pertemuan I dan II adalah 76% yang tergolong dalam kategori baiklayak digunakan dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan sains IPA kelas 5 sekolah dasar di Kabupaten Demak

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utamingsih, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. Santoso. M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Saintifik berbasis HOTS, Penguasaan Konsep, Ketrampilan Sains IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 May 2021 21:57
Last Modified: 04 May 2021 21:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item