Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah Dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sd Di kecamatan karanganyar kabupaten demak

WIBAWA, IMAM DWIANA (2020) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah Dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sd Di kecamatan karanganyar kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, (2) menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, dan (3) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskpriptif dengan mengubah data kualitatif berupa kata dan kalimat menjadi data kuantitatif berupa angka (skoring).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 responden yang terdiri dari guru kelas, guru PAI dan guur PJOK di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Teknik pengujian data uji validitas dengan menggunakan Pearson Product Moment.Uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Analisis berganda, uji signifikasi dan koefisien determinasi digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis penelitian. Hasil penelitian berdasarkan kuesioer yang disebar terhadap 68 responden menujukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,747. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji regresi liner berganda menggunakan SPPSS Versi 25.0 yang telah dilakukan, diperoleh nilai t hitung (5,372) > t tabel (1,99565). Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,708. Hal ini juga dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan nilai t hitung untuk variabel kepuasan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 3,255. Hal ini berarti t hitung (3.255) > t tabel (1,99565). Hasil perhitungan ANOVA Kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 49,5% (0,459). Hasil ini juga dilihat dari nilai F hitung untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 31,874 sedangkan F tabel dengan tingkat keyakinan 95%, tingkat kesalahan (a) sebesar 5% adalah sebesar 3,99. Pada penelitian ini F hitung (31,874) > F (3.99) dan sig (0,000) < dibanding a 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan kepala sekolah perlu memerankan fungsi kepala sekolah sebagai educator, manajerial, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator dengan maksimal, penuh tanggung jawab dan arif bijaksana agar kinerja guru lebih meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 19:54
Last Modified: 05 May 2021 19:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item