Studi kasus: dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sdn cabean 3 kecamatan demak kabupaten demak

Wegasari, Kurnia (2020) Studi kasus: dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sdn cabean 3 kecamatan demak kabupaten demak. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
JUDUL.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di sekolah dipaksa berubah secara drastis dari pembelajaran tatap muka (konvensional) menjadi pembelajaran secara online. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya berdampak kepada siswa, guru, maupun orang tua dalam proses pembelajaran online yang belum biasa mereka laksanakan. Pembelajaran online adalah pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dengan bantuan audio, video, dan perangkat komputer yang merupakan suatu sistem serta dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN Cabean 3 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan tahap perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. 2) dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 Kec. Demak Kab. Demak dalam pada masa pandemi Covid-19 terkait dampak positif dan dampak negative. 3) alasan munculnya dampak bagi guru, siswa, dan orang tua karena pembelajaran online merupakan hal baru yang akhirnya memaksa mereka, mau tidak mau harus melaksanakan. Dari penelitian ini disarankan: 1) guru perlu mencoba media online yang lain agar terjadi interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya, 2) sekolah perlu menganggarkan bantuan kuota internet baik bagi guru maupun siswa yang dimabilkan dari dana BOS, 3) pelaksanaan pembelajaran online perlu dievaluasi ulang agar lebih efektif untuk pelaksanaan berikutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sri Surachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: pandemi Covid-19, pembelajaran online
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 20:14
Last Modified: 05 May 2021 20:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item