Pronunciation errors made by the fourth semester students of english education department of universitas muria kudus In speech performance

LESTARI, DIAH DWI (2020) Pronunciation errors made by the fourth semester students of english education department of universitas muria kudus In speech performance. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pengucapan adalah salah satu faktor kunci dalam komunikasi. Perbedaan pengucapan atau perbedaan bunyi akan menyebabkan perbedaan arti.Seperti yang diketahui, bunyi dari vokal dan konsonan Bahasa sangat berbeda dengan vokal dan konsonan Bahasa Indonesia. Kesalahan pengucapan dapat terjadi dan membuat kesalahan komunikasi. Berdasarkan penjelasan diatas, tujuan penelitian ini adalah untukmencari kesalahan pengucapan dan faktor yang mempengaruhikesalahan pengucapanyang dibuat Mahasiswa semester 4 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2019/2020 dalam penampilan pidato. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Metode ini untuk menemukandan menjelaskan kesalahan pengucapan dan faktor yang mempengaruhi kesalahan pengucapan yang dibuat mahasiswa di penampilan. Peneliti mengumpulkan data melalui analisa dokumen dan wawancara untuk menemukan kesalahan pengucapan dan faktor yang mempengaruhi kesalahan pengucapan. Kemudian peneliti menganalisa dokumen dengan menghitung persentase dan mengartikan hasilnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 79 kesalahan. 48.1% kesalahan ditemukan di vokal, 22.8% kesalahan ditemukan di konsonan, dan 29.1% kesalahan ditemukan di diftong.Faktor yang mempengaruhi pengucapan mahasiswa adalah kurangnya persiapan dan latihan pidato, kecemasan saat berpidato,kurangnya kesempatan berbahasa inggris di kehidupan sehari-hari, dan faktor interlingual seperti pengaruh dari bahasa ibu. Di akhir penelitian ini, peneliti menyarankan mahasiswa agar lebih memberi perhatian pada pengucapan mereka. Mahasiswa diharapkan untuk berlatih lagi tentang komponen pengucapan.Untuk para dosen diharapkan memberi bantuan kepada mahasiswa agar bisa meningkatkan kemampuan pengucapan mahasiswa dengan memberi pelatihan lebih saat mengajar kelas pengucapan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd., Pembimbing 2 Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: permasalahan pengucapan;penampilan pidato; faktor berpengaruh.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 20:27
Last Modified: 05 May 2021 20:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item