Pengembangan model pelatihan berbasis schoology Bagi guru sd kelas rendah di kabupaten demak

Warsiatun, R.Atik (2020) Pengembangan model pelatihan berbasis schoology Bagi guru sd kelas rendah di kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis model faktual pelatihan guru berbasis schoology pada guru kelas rendah di SD Kabupaten Demak, (2) Menganalisis pengembangan model pelatihan guru berbasis schoology pada guru kelas rendah di SD Kabupaten Demak. (3) Menganalisis uji kelayakan model final pelatihan guru berbasis schoology pada guru kelas rendah di SD Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah SD Negeri Kabupaten Demak. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model faktual manajemen pelatihan masih menggunakan cara konvensional dan kemampuan membuat materi ajar guru masih rendah. (2) Pengembangan model yang dihasilkan berupa pelatihan PKB berbasis schoology menghasilkan bahan ajar.(3) model final menunjukkan bahwa hasil uji beda pretest dan posttest kemampuan membuat materi ajar berbasis schoology adalah sebesar -27.225 dengan Sig 0,000 < 0,05. Dengan rerata skor pretest adalah 80,4333, sedangkan rerata untuk posttest adalah 94,3667. maka dapat disimpulkan bahwa model manajemen PKB berbasis schoology dapat meningkatkan kemampuan membuat materi ajar guru kelas rendah di SD N Kabupaten Demak. Simpulan penelitian adalah (1) manajemen pelatihan masih memerlukan inovasi agar pelatihan menjadi lebih efektif, (2) pengembangan model pelatihan PKB berbasis schoology sebagai solusi dan inovasi dalam proses pelatihan, (3) model final efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam membuat materi ajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr.Su’ad ,M.Pd., Pembimbing 2 Dr.Drs.Sukirman,S.Pd.SH.MM
Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, PKB, Materi Ajar, Schoology
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 21:01
Last Modified: 05 May 2021 21:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item