Studi kasus minat baca siswa kelas iii sdn 3 kalirejo kecamatan undaan kudus

Liana, Ery Sari (2020) Studi kasus minat baca siswa kelas iii sdn 3 kalirejo kecamatan undaan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa,mengetahui faktor yang mempengaruhi literasi 4.0 terhadap minat baca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Undaan. Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif yaitu penelitian untuk menguji teori,bisa berupa verifikasi (pembenaran)maupun falsifikasi (menyalahkan) dengan dukungan data empiris. Pengumpulan Data dengan menggunakan observasi,wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menemukan bahwa “(1)gerakan literasi sekolah yang dilakukan di SDN Kalirejo telah menunjukkan satu hal yang positif. Hal tersebut ditandai dengan perolehan rata-rata sebanyak 54% meliputi siswa membaca berbagai jenis buku bacaan ditablet, siswa berusaha memanfaatkan waktu membaca 15 menit sebelum pelajaran untuk menambah pengetahuan melalui buku, majalah, atau surat kabar dll,(2)Minat baca siswa sebagaimana hasil penelitian yang dipaparkan bersemangat untuk membaca buku, majalah,atau surat kabar,siswa semangat membaca buku karena mengasyikkan, siswa merasa perlu membaca buku karena dapat membantu meningkatkan prestasi siswa dll (3). Hubungan gerakan literasi 4.0 dengan minat baca siswa pada kelas III di SDN 3 Kalirejo berada pada tingkat korelasi yang tinggi,karena angka indeks korelasi product moment rhitung = 0,74 terletak pada interval koefisien 0,60-0,80.Untuk pengujian signifikasi korelasi product moment menunjukan bahwa untuk=18 maka rtabel=0,349. Karena rhitung>rtabel maka Ha diterima Ho ditolak,”jadi “Ada hubungan signifikan antara gerakan literasi 4.0 dengan minat baca siswa kelas III SDN3 Kalirejo”. Saran yang dapat diberikan: “(1)Di era revolusi industri 4.0 yang serba digital ini memberikan tantangan tersendiri bagi kehidupan manusia. Tantangan bagi dunia pendidikan terdapat pada dibutuhkannya pengembangan inovasi dalam pembelajaran yang berbasis teknologi digital,salah satunya dengan menerapkan literasi 4.0 dalam pembelajaran. Disamping itu, pengaruh minat baca dan hasil belajar yang baik pada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa menjadi sebuah hal yang penting untuk dilaksanakan,agar para generasi penerus bangsa ini tetap memiliki pengetahuan yang luas dan tidak terbawa arus negatif dari perkembangan teknologi yang ada,maka dari itu perkembangan teknologi digital ini harus dimanfaatkan dengan baik.Simpulan secara umum yang didapatkan adalah Pengaruh Literasi Di Era 4.0 dapat meningkatkan Minat Baca Dan Hasil Belajar peserta didik.Dalam pelaksanaannya penerapan literasi 4.0 dalam meningkatkan Minat Baca Dan Hasil Belajar pada dapat dikatakan sudah baik, meskipun masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki.”

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr.Murtono,M.Pd, Pembimbing II Dr.Irfai Faturohman, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh Literasi, di era 4.0, minat baca.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 21:04
Last Modified: 05 May 2021 21:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item