Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan model open ended problems berbantuan media poster pada tema pahlawanku untuk siswa kelas iv Sdn 1 loram kulon kudus

Aufa, Nurul, Fatimah (2020) Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan model open ended problems berbantuan media poster pada tema pahlawanku untuk siswa kelas iv Sdn 1 loram kulon kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab v] Text (Bab v)
06. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui model open ended problems berbantuan media poster pada tema pahlawanku kelas IV SDN 1 Loram Kulon Kudus; dan (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model open ended problems berbantuan media poster. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap makhluk, termasuk pada peserta didik yang masih dalam taraf awal belajar. Model open ended problems merupakan model yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menginvestigasi berbagai strategi dan cara yang diyakini sesuai dengan kemampuan memecahkan permasalahan secara terbuka. Poster merupakan media yang digunakan dalam penyampaian suatu informasi dengan rancangan kombinasi visual serta warna yang mencolok agar menarik perhatian serta pesan tersampaikan dalam ingatan pembacanya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model open ended problems Berbantuan Media Poster Pada Tema Pahlawanku Untuk Siswa Kelas IV SDN 1 Loram Kulon Kudus. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada kelas IV SDN 1 Loram Kulon dengan subjek penelitian guru dan 21 siswa. Siklus pertama yaitu pada subtema 2 pembelajaran 1 dan 3. Siklus 2 berlangsung pada subtema 2 pembelajaran 4 dan 6. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Model open ended problems dan media poster. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model open ended problems berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan keterampilan mengajar guru. Keterampilan berbicara siswa siklus I ke siklus II dalam persentase 58% menjadi 75%. Sedangkan peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I ke siklus II dalam presentase 47,5% menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model open ended problems berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan berbicara, keterampilan mengajar guru. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan peluang siswa untuk lebih banyak berlatih berbicara di depan kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Eko Widianto, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, open ended problems, poster
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 21:31
Last Modified: 05 May 2021 21:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item