Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education berbantuan slide aplikasi lectora Terhadap pemahaman konsep Matematis siswa kelas iv

Lutfiyah Nur, Aini (2020) Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education berbantuan slide aplikasi lectora Terhadap pemahaman konsep Matematis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang mendasari penelitian ini berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa. Kemampuan pemahaman konsep siswa hanya 14,36 % yang tuntas dengan rata-rata 38,64 dengan predikat D, artinya aktivitas siswa memerlukan bimbingan. Penelitian ini bertujan untuk menguji (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran dengan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan slide aplikasi lectora dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (2) proporsi siswa tuntas mencapai ketuntasan klasikal atau 75% dengan model RME berbantuan slide aplikasi lectora, (3) perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep pretest dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep posttest, (4) peningkatan aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model RME berbantuan slide aplikasi lectora. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain uji coba Kuasi experimental design dengan bentuk one grup pretest posttest. Penelitian ini di lakukan di SD 2 Panjunan yang berjumlah 29 siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 2 Panjunan tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sample. Variabel bebas yang digunakan yaitu model RME berbantuan slide aplikasi lectora, sedangkan variabel terikatnya pemahaman konsep matematis siswa dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik yang berupa uji t dan uji z serta analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model (RME) lebih baik, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai KKM, (2) proporsi siswa yang diajar dengan model RME berbantuan slide aplikasi lectora telah mencapai ketuntasan klasikal 75%. Pembelajaran yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. (3) adanya perbedaan yang signifikansi antara hasil pretes dan posttes. (4) pembelajaran Realistic Mathematic Edcation berbantuan slide aplikasi lectora menjadikan aktivitas siswa mencapai rata-rata 80,49 dengan predikat B atau baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME berbantuan media slide aplikasi lectora dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kela IV SD 2 Panjunan. Berdasarkan hasil penelitian, guru dapat mengaplikasikan model RME berbantuan slide aplikasi lectora sesuai dengan materi sehingga siswa mampu memahami dan menyerap materi dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Ratri Rahayu, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Savitri Wanabuliandari, M.Pd.
Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, Slide Aplikasi Lectora, Pemahaman Konsep, Aktivitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 21:48
Last Modified: 05 May 2021 21:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item