Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model stad berbantuan permainan Lempar gelang pada tema 7 kelas v Sdn pati wetan 03

Arum, Nila Mustika (2020) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model stad berbantuan permainan Lempar gelang pada tema 7 kelas v Sdn pati wetan 03. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada Tema 7. Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk memahami konsep dengan pemahamannya, memberikan contoh dan menjelaskan secara lebih luas. STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dengan cara membentuk suatu kelompok untuk meningkatkan rasa saling bekerja sama dalam menyesuaikan suatu tujuan pembelajaran. Permainan lempar gelang merupakan permainan memasukkan gelang ke pasaknya dengan jarak tertentu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Student Teams Achiviement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03. Penelitian tindakan ini sudah dilakukan di kelas V SDN Pati Wetan 03 dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 73,4 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,6. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 67,2 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,8. Aktivitas siswa aspek keterampilan pada siklus I sebesar 71,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,95. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 71,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,3. Hal ini membuktikan bahwa model STAD berbantuan permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Pati Wetan 03. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Dersalam bahwa dengan menggunakan model STAD berbantu permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model STAD, Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Permainan Lempar Gelang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2021 21:56
Last Modified: 05 May 2021 21:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item