Pengembangan buku teks sastra indonesia Berbasis kearifan lokal pati untuk sekolah menengah pertama (smp)/ Madrasah tsanawiyah (mts)

Mujiwanto, Mujiwanto (2020) Pengembangan buku teks sastra indonesia Berbasis kearifan lokal pati untuk sekolah menengah pertama (smp)/ Madrasah tsanawiyah (mts). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
halaman judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustka.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengindentifikasi kebutuhan buku teks sastra bagi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) Mendeskripsi karakteristik Buku Teks Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah, (3) Memaparkan uji validasi prototipe buku teks berdasarkan penilaian guru dan dosen ahli, dan 4) Memaparkan hasil uji/penelitian Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan penilaian guru dan dosen ahli. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Acuan dalam penelitian ini mengadopsi dari Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap pendahuluan (eksplorasi dan analisis kebutuhan), (2) tahap pengembangan (validasi ahli, uji coba terbatas), (3) tahap revisi produk pasca uji coba. Instrumen penelitian ini adalah (1) data kebutuhan buku teks sastra Indonesia pada guru SMP/MTs, (2)data hasil validasi prototipe oleh ahli untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan buku teks, dan (3)data hasil uji coba buku teks sastra Indonesia berbasis kearifan lokal oleh guru untuk mengetahui kesesuaian buku teks dengan kebutuhan guru. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) berdasarkan analisis kebutuhan buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia, guru membutuhkan buku teks sastra yang mengandung unsur pendidikan karakter dan kearifan lokal, (2) berdasarkan hasil validasi, penilaian, dan saran perbaikan prototipe buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal oleh ahli dengan rentang nilai 15-60, nilai rata-ratanya adalah 49.83 atau setara dengan nilai presentase 83.06% untuk sampul buku teks, 51.22 atau setara dengan nilai presentase 85.37% untuk isi dan desain buku teks, 50.78 atau setara dengan nilai presentase 84.63% untuk bahasa dan keterbacaan buku teks, dan 51.83 atau setara dengan nilai presentase 86.39% untuk grafika buku teks. Sehingga buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal dinyatakan layak dan valid, (3) berdasarkan hasil penilaian uji coba yang dilakukan oleh guru, dapat dilihat bahwa buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sangat diharapkan keberadaannya, guru berharap buku tersebut dapat segera digunakan. Guru merasa terbantu dengan adanya buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai referensi penunjang dalam pembelajaran. Mengenai isi, guru menyampaikan bahwa materi di dalam buku teks dianggap telah memenuhi seluruh materi yang diajarkan di SMP/MTs. Sedangkan kesahihan materi di dalam buku teks dianggap sudah memenuhi legalitas. Kajian terakhir yakni mengenai kemampuan buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal untuk dipahami, pada kajian ini guru menilai buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal baik untuk dipahami. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: (1) guru perlu lebih memahami nilai-nilai kearifan lokal, menerapkan, dan menyampaikan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran sehingga akan terbentuk pribadi siswa yang kuat dan teguh dalam karakter kearifan lokalnya, (2) pemantau pelaksanaan pendidikan hendaknya dapat mengembangkan fasilitas pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter karena pendidikan karakter akan tertanam dengan baik pada anak usia sekolah, (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji lebih lanjut produk Buku Teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia sampai dengan tahap akhir produksi massal. Pengujian lebih lanjut akan menghasilkan saran dan perbaikan yang dapat bermanfaat memenuhi kualitas produk agar semakin baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOsen Pembimbing: I Dr. Murtono, M.Pd., Dosen Pembimbing: II Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: Teks Sastra Indonesia, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 May 2021 19:23
Last Modified: 06 May 2021 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item