Peningkatan pemahaman konsep matematis materi bangun datar melalui modelpembelajaran teams game tournament (tgt) berbantuan roda bangun datar Pada siswa kelas iv sd 5 jekulo

ADHA, INDRI APRILIYANI (2020) Peningkatan pemahaman konsep matematis materi bangun datar melalui modelpembelajaran teams game tournament (tgt) berbantuan roda bangun datar Pada siswa kelas iv sd 5 jekulo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
hal. judul.pdf - Accepted Version

Download (613kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, guru masih kesulitan dalam mengajarkan matematika, dan guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sehingga yang terjadi terhadap siswa yaitu siswa cenderung pasif, siswa cenderung tidak memperhatikan penjelasan guru, dan setelah dilakukannya prasiklus di kelas IV SD 5 Jekulo, bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa memiliki persentase 57,79% sehingga dikategorikan perlu bimbingan, dan keterampilan proses pemahaman konsep matematis siswa sebesar 64,16 % sehingga termasuk ketegori perlu bimbingan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, keterampilan proses pemahaman konsep matematis, dan keterampilan guru mengajar menggunakan model teams game tournament (TGT) berbantuan roda bangun datar pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SD 5 Jekulo dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel independen pada penelitian ini meliputi model pembelajaran TGT berbantuan roda bangun datar,dan variabel dependennya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis, keterampilan proses pemahaman konsep matematis, dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 5 Jekulo. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapan TGT berbantuan roda bangun datar pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dilihat dari ketuntasan klasikal prasiklus sebesar 17,2%, siklus I 65,5%, dan siklus II 79,3%.Ketuntasan klasikal pada keterampilan proses pemahaman konsep matematis pada prasiklus sebesar 20,69%, siklus I 79,31% dan siklus II 93%. Keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matemtika materi bangun datar siswa kelas IV SD 5 Jekulo pada siklus I 3,155, dan pada siklus II 3,32. Sehingga penerapan TGT berbantuan roda bangun datar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, keterampilan proses pemahaman konsep matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran TGT berbantuan roda bangun datar menjadi lebih menarik dan berperan aktif dalam

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, M. Pd. Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, M. Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Teams Game Tournament (TGT), Roda Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 19:41
Last Modified: 07 May 2021 19:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item