Nisa, Siti Khoenun (2020) Penerapan model group investigation berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 kelas v sd 5 bae. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (943kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version Download (389kB) | Preview |
Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (96kB) | Preview |
Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton serta kurannya model pembelajaran yang digunakan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar di SD 5 Bae yang masih rendah padaulangan harian tema 1 muatan IPS dari 21 siswa hanya 9 (42,8%) siswa yang tuntas, dan 12 (57.1%) yang belum tuntas. Untuk muatan PPKn dari 21 siswa hanya 7 (33,3%) siswa yang tuntas, dan 14 (66,6%) yang belum tuntas. Hasil observasi dan wawancara menunjukan hasil belajar rendah, rendahnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan model Group Investigation berbantuan Puzzle. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SD 5 Bae dengan subjek penelitian 21 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan persiklusnya. Setiap siklus terdiri dari enam tahap yaitu mengidentifikasi, merencanakan, investigasi, menyiapkan laporan, presentasi, evaluasi. Dalam penelitian ini menggunakan model Group Investigation merupakan model pembelajaran membentuk kelompok dan menginvestigasi sebuah masalah yang diberikan guru kepada setiap kelompok. Puzzle merupakan media yang terdiri dari bebrapa kepingan atau potongan gambar yang kemudian disusun dan menjadi sebuah gambar. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Variabel bebasnya adalah model Group Investigation berbantuan media Puzzle. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian meunjukan (1) keterampilan guru dalam mengajar siswa siklus I memperoleh rata-rata klasikal 50 (66%) kriteria baik, meningkat pada siklus II memperoleh 66 (87%) dengan kriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I rata-rata klasikal 44(67%) dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal 55(84%) dengan kriteria baik. (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh11 siswa tuntas presentase 52% dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa presentase 48% meningkat pada siklus II memperoleh16 siswa tuntas presentase 76% dan siswa yang tidak tuntas 5 siswa presentase 24%. Indikator hasil belajar ranah afetif siklus I memperoleh skor 33(69%) kategori baik, sedangkan pada siklus II naik menjadi skor 41(82%) kategori sangat baik. Indikator hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I memeroleh skor 26 (74%) kategori baik, sedangkan pada siklus II naik menjadi skor 31(86%) kategori sangat baik. sedangkan dengan sikap sosial pada siklus I memperoleh skor 22(78%) kategori cukup, sedangkan pada siklus II naik menjadi skor 26 (93%) dengan kategori sangat baik. pada sikap spiritual pada siklus I memeroleh skor 16 dengan (80%) dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II naik menjadi skor 18 (90%) dengan kategori sangat baik. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran. Hendaknya guru menggunakan model Group Investigation berbantuan media Puzzle sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Group Investigation ,Aktivitas Belajar, Keterampilan Guru, Puzzle. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 May 2021 20:00 |
Last Modified: | 07 May 2021 20:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13991 |
Actions (login required)
View Item |