Penerapan model pembelajaran numbered head together berbantu media roda putar untuk meningkatkan Hasil belajar siswa sd

RAHMAWATI, ANITA (2020) Penerapan model pembelajaran numbered head together berbantu media roda putar untuk meningkatkan Hasil belajar siswa sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Penerapan Model kooperatif tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. (2) Menjelaskan Penerapan odel kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media Roda Putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. (3) Menjelaskaan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Roda Putar untuk meningkatan keterampilan mengajar guru. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terlaksananya proses pembelajaran sebagai pengaruh aktivitas beajar yang saling berhubungan. Pembelajaran Model Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk memotvasi siswa dalam memahami makna pelajaran dengan mengaitkannya pada kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan yang secara tidak langsung dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Tenggeles dapat meningkat dengan menggunakan model Numbered Head Together. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dai Kemmis Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 2 Tenggeles Kec. Mejobo Kab. Kudus yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya menggunakan expert judgement. Hasil penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh 50% dan siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh ketuntasan sebesar 91%. Pada muatan IPS siklus I memperoleh 50% dan siklus II memperoleh 94%. Pada keterampilan guru mengalami peningkatan dan pada siklus I memperoleh 58% dengan kualifikasi sedang kemudian pada siklus II memperoleh 77% dengan kualifikasi tinggi. Pada aspek keterampilan siswa pada siklus I memperoleh 49% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II memperoleh 75% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas V SD 2 Tenggeles, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Putar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Mila Roysa, S,Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together, Aspek Keterampilan Siswa, Keterampilan Guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:29
Last Modified: 07 May 2021 20:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item