Meningkatkan solidaritas siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas x tk smk negeri 1 kalinyamatan jepara

Asshofy, Nailul Muna (2020) Meningkatkan solidaritas siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas x tk smk negeri 1 kalinyamatan jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan solidaritas siswa kelas X TK SMK N 1 Kalinyamatan. 2. Memperoleh peningkatan solidaritas siswa kelas X TK SMK N 1 Kalinyamatan melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Solidaritas adalah kesetiakawanan atau kekompakan, disadari oleh perasaan senasib sepenanggungan. Jika seseorang memiliki solidaritas, maka orang tersebut menunjukan perilaku yang kompak dan setia kepada teman, siap membantu siapa saja yang membutuhkan. Bimbingan kelompok merupakan proses konselor memberikan bantuan kepada sekelompok siswa dengan membahas suatu topik yang penting dan diskusi menjadi salah satu metodenya. Sosiodrama merupakan dramatisasi dari berbagai persoalan dalam pergaulan dengan orang lain dan termasuk konflik yang dialami dalam hubungan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kalinyamatan Jepara yang beralamat di Jl. Purwogondo-Batukali Km.4 Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Penelitian ini berlangsung dalam periode tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa kelas X TK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui pada pra siklus nilai rerata solidaritas siswa sebesar 12,26 (51%) kategori (Kurang), siklus I pertemuan pertama skor rerata sebesar 13,26 (55%) kategori (Kurang), pertemuan kedua skor rerata sebesar 14,12 (59%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga skor rerata sebesar 14,84 (62%) kategori (Kurang). Siklus II di pertemuan pertama skor rerata solidaritas siswa sebesar 16,02 (67%) kategori (Baik), pertemuan kedua skor rerata sebesar 16,43 (68%) kategori (Baik), pertemuan ketiga 17,02 (71%) kategori (Baik). Peneliti menarik kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: 1. Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mampu meningkatkan solidaritas siswa kelas X TK SMK Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. Pada siklus I diketahui pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama memperoleh skor 59% kategori (Kurang), siklus II pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mendapatkan skor 71% kategori (Baik). 2. Solidaritas siswa mengalami peningkatan, dari hasil pengamatan diketahui periode pra siklus solidaritas siswa berada pada skor 51% kategori (Kurang), siklus I meningkat menjadi 62% kategori (Kurang), siklus II meningkat menjadi 71% kategori (Baik). Saran yang peneliti sampaikan pada pihak-pihak terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa hendaknya mempertahankan dan senantias meningkatkan solidaritas yang telah terjalin dengan baik pasca penelitian agar menjadi kebiasaan untuk siap terjun di masyarakat. 2. Sekolah hendaknya menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempererat hubungan antarsiswa, selain dakam kegiatan belajar di kelas. 3. Guru BK hendaknya memberikan pelayanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama secara berkala dan berkesinambungan dengan pelayanan bimbingan dan konseling lainnya, sehingga hambatan siswa dalam aspek pribadi dan sosial dapat terentaskan. 4. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan jenis pendekatan yang berbeda dengan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang telah peneliti lakukan, misalnya dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Agar dinamika permasalahan dan perubahan yang dialami subjek penelitian dapat dikaji lebih mendalam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (i) Indah Lestari, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing: (ii) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Solidaritas Siswa, Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:31
Last Modified: 07 May 2021 20:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item