Peningkatan pemecahan masalah matematis siswa sd menggunakan model auditory intellectually repetition berbantuan media pop-up book

SARI, SEPTYANA WULAN (2020) Peningkatan pemecahan masalah matematis siswa sd menggunakan model auditory intellectually repetition berbantuan media pop-up book. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan berbantuan media Pop-Up Book. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mengetahui keterampilan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, dan mengetahui keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model AIR berbantuan media Pop-Up Book. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ini yaitu kemampuan dalam ranah pengetahuan dan aktivitas siswa pada ranah keterampilan. Model pembelajaran AIR yaitu model pembelajaran yang menggabungkan antara proses mendengarkan, berfikir, dan pengulangan yang ditujukan kepada siswa. Model AIR ini juga dipadukan dengan media Pop-Up Book. Media Pop-Up Book yaitu media yang termasuk kedalam 3D yang dapat memberikan efek menarik, karena berbentuk seperti buku yang setiap halamannya ketika dibuka akan menampilkan sebuah gambar timbul. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta keterampilan mengajar guru menggunakan model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Pop-Up Book. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di Sd 6 Margorejo dengan jumlah subjek penelitian yaitu 26 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan setiap siklus pelaksanaannya dilakukan 2 kali pertemuan.Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan non tes.Non tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan siklus I kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 57.70%, dan meningkat disiklus II menjadi 76.92% dengan kategori baik sehingga dapat mencapai indikator keberhasilan. Disiklus I keterampilan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah dengan rata-rata dipertemuan satu 69.2% dan dipertemuan dua naik menjadi 78.65%. Disiklus II keterampilan pemecahan masalah matematis siswa pada pertemuan satu sebesar 71.69% dan pertemuan dua naik menjadi 72.76%

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemecahan masalah matematis, Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, media Pop-Up Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:42
Last Modified: 07 May 2021 20:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14005

Actions (login required)

View Item View Item