NINGSIH, REVAWIDYA (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model group investigation berbantuan media gambar berseri tema 6 muatan ips dan bahasa indonesia pada kelas v di sd 5 jekulo kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (116kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (52kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (28MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru kelas V SD 5 Jekulo Kudus pada tema 6 dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar berseri. Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SD 5 Jekulo Kudus pada tema 6 muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar berseri. Hasil belajar merupakan hasil dari kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Model Group Investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari materi sendiri. Media gambar berseri merupakan media yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Media gambar berseri terdapat beberapa gambar dalam satu lembar, siswa diminta untuk mengamati gambar dan menuliskan hal-hal yang pokok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 5 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Group Investigation berbantu media gambar berseri, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh persentase 65,62% (baik), pada siklus II memperoleh persentase sebesar 89,06% (sangat baik). Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada prasiklus memperoleh persentase sebesar 20,68% (kurang), setelah dilakukan penelitian siklus I memperoleh persentase sebesar 55,17% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,75% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa aspek keterampilan pada tindakan siklus I memperoleh persentase sebesar 65,61% (baik) dan mengalami peningkatan pada tindakan siklus II sebesar 89,65% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Jekulo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan pada tema 6. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran harus selalu meningkatkan kualitas pembelajaran supaya penyampaian materi lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | hasil belajar, gambar berseri, group investigation |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 May 2021 20:48 |
Last Modified: | 07 May 2021 20:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |