MUNAWAROH, SITI (2020) Pengaruh model pembelajaran Contextual teaching and learning dan eksperimen terhadap keaktifan siswa Materi kalor dan perpindahannya Pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (536kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (348kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (473kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini untuk (1) Menemukan pengaruh keaktifan Siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Kalor dan Perpindahannya (2) Menemukan pengaruh keaktifan Siswa dengan model pembelajaran Eksperimen pada materi Kalor dan Perpindahannya (3) Menganalisis perbedaan keaktifan Siswa dalam model pembelajaran CTL dan Eksperimen pada materi Kalor dan Perpindahannya .Rendahnya hasil belajar IPA karena guru kesulitan dalam merancang strategi pembelajaran untuk mengaktifkan siswa, selain itu penggunaan media pembelajaran IPA masih terbatas dan beban materi IPA yang terlalu banyak sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design.Populasinya adalah siswa kelas 5 SD di Gugus gajah mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak yang sudah menerapkan kurikulum 2013 yang terdiri dari 6 Desa dan 11 Sekolah .Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalahdengan teknik Purposesampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dan Tes tetulis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian Siswa SD kelas 4 SDN Karangrejo 2 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.Teknik analisis data menggunakan teknik Uji prasyarat analisis,Uji kesamaan rata-rata,Uji normalitas,Uji homogenitas dan Uji hipotesis. Hasil observasi tingkat keaktifan siswa diperoleh hasil rata-rata indikator pada model CTL sebesar 87,5 dan rata-rata model eksperimen sebesar 80,7, berarti terdapat perbedaan sebesar 6,8. Perbedaan ini menunjukan bahwa model CTL lebif efektif dibanding model eksperimen untuk tingkat keaktifan siswa Simpulan Penelitian ini adalah (1).Penerapan model CTL terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan Siswa (2).Penerapan Model Eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan siswa (3) Penerapan model CTL dan model Eksperimen Terdapat Perbedaan yang signifikan terhadap keaktifan Siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr Sri Surachmi,W.M.Pd., |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran CTL,Eksperimen dan Keaktifan Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 09 May 2021 19:53 |
Last Modified: | 09 May 2021 19:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14023 |
Actions (login required)
View Item |