CHODRIYAH, LAELATUL (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan mindmapping terhapap kemampuan berpikir kreatif pada siswa di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (821kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (517kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (363kB) | Preview |
Text (Lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil pelajaran IPA yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak menarik dan menyenangkan dan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa turun Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya di sekolah dasar (2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya di sekolah dasar (3) Menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya di sekolah dasar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Sampael penelitian adalah 3 SD yaitu dari kelas IV SD N Kedongori, Keas IV SD N Kebonsari 2 dan kelas IV SD N Balerejo 1.Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalahdengan teknik Purpose sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. .Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan Simpulan Penelitian ini adalah (1). terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel ( 19,986 > 0,05). Nilai Sig (2-tailed) sebesaar 00 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (19.986 > 2,086). sedangkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 00 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) model pembelajaran inkuiri lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam materi gaya pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (2.550 > 2,086) Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,129 maka Nilai Sig. (2-tailed) 0,129 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr Santoso,.M.Pd., |
Kata Kunci: | Pembelajaran Inkuiri, Mind Mapping, Berpikir Kreatif Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2021 18:36 |
Last Modified: | 20 May 2021 18:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14075 |
Actions (login required)
View Item |