Pengaruh model problem based learning dan Realistic mathematic education terhadap Kemampuan berpikir kritis materi pecahan Peserta didik kelas v sd di gugus diponegoro

MAHFUNDOH, SUFROTUN (2020) Pengaruh model problem based learning dan Realistic mathematic education terhadap Kemampuan berpikir kritis materi pecahan Peserta didik kelas v sd di gugus diponegoro. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada materi operasi hitung pecahan; (2) menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada materi operasi hitung pecahan; (3) menganalisis perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada materi operasi hitung pecahan. Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata, yang tidak terstruktur dan bersifat terbuka untuk mengembangkan ketrampilan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis serta sekaligus membangun pengetahuan baru. Realistic Mathematic Education (RME) adalah Model pembelajaran matematika yang mengaitkan dengan realita, dekat dengan dunia anak, relevan pada kehidupan masyarakat. Berpikir kritis merupakan kemampuan mengolah, memanipulasi, mentransformasi yang dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan, diskusi, serta menganaisis dari berbagai permasalahan. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus Diponegoro Dempet Demak. Sampel penelitian ini meggunakan 3 SD. SDN Kedungori 1 dengan model Problem Based Learning, SDN Dempet 1 dengan model Realistic Mathematic Education dan SDN Kuwu dengan pembelajaran konvensional. Tehnik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi operasi hitung pecahan. Hal ini terbukti thutung>ttabel (15,076>2,0003); (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini terbukti thitung>ttabel (22,036>1.99834); (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini dibuktikan nilai thitung>ttabel (5,590>1.99962) dan nilai N-Gain untuk kelas model pembelajaran Problem Based Learning lebih rendah dari kelas Realistic Mathematic Education. Dengan demikian disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi operasi hitung pecahan di kelas V meningkat setelah mengalami model Pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Realistis Matematika Education.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Sri Surachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Realistik Mathematic Educatuon, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2021 18:43
Last Modified: 20 May 2021 18:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item